Sering membuat tak nyaman, perhatikan 4 gejala PMS ini

Selasa, 09 November 2021 | 12:42 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Sering membuat tak nyaman, perhatikan 4 gejala PMS ini

ILUSTRASI. Ada banyak kondisi yang termasuk dalam daftar gejala PMS.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak sekali gejala PMS yang bisa Anda alami. Hal itu terjadi karena perubahan hormon dalam tubuh Anda. Karena membuat Anda tidak nyaman, kondisi-kondisi yang berhubungan dengan PMS perlu Anda waspadai supaya Anda bisa mengatasinya dengan baik.

Setelah masa ovulasi terlewati, jumlah hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh menurun. Hal itulah yang membuat gejala menstruasi muncul. Biasanya, Anda akan mengalami gejala tersebut beberapa hari sebelum siklus menstruasi terjadi.

Selain memicu rasa sakit fisik, seperti sakit perut, PMS juga ditandai dengan gejala emosial. Misalnya, mood atau perasaan Anda bisa berubah dengan cepat. Meski ada banyak gejala yang muncul, tapi PMS bisa hilang dengan sendirinya. Jadi, Anda tidak perlu terlalu khawatir.

Kram Perut

Kram perut adalah salah satu gejala PMS yang cukup sering dialami oleh banyak orang. Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), sakit biasanya dimulai di perut bagian bawah. Anda bisa menggunakan kompres hangat untuk mengurangi rasa sakit yang muncul.

Baca Juga: Mudah Anda coba, begini 5 cara cepat menstruasi

Kelelahan

Kelelahan termasuk salah satu gejala PMS.

Kelelahan jadi gejala PMS selanjutnya yang dapat Anda alami. Jika terus dibiarkan, kelelahan bisa memicu masalah kesehatan lain yang lebih serius. Mulai dari mudah marah, muncul gejala depresi, serangan panik, nafsu makan meningkat, perut kembung, dan rasa sakit di bagian persendian.

Pendarahan

Saat PMS, ada beberapa kasus di mana wanita mengeluarkan darah dalam jumlah yang sedikit dari vagina. Namun, bisa saja kondisi itu menjadi gejala hamil. Jadi, jika Anda mengalami pendarahan beberapa hari sebelum siklus menstruasi terjadi, tak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga: 11 Cara mencegah kehamilan saat berhubungan badan

Perubahan Mood

Seperti yang telah disebutkan, gejala PMS juga bisa ditandai dengan kondisi emosional Anda. Melansir Medical News Today, perubahan hormonlah yang membuat perasaan atau mood Anda berubah-ubah. Biasanya, kondisi itu berlangsung selama beberapa hari sebelum menstruasi terjadi.

Meski merupakan hal yang normal, bukan berarti Anda dapat mengabaikan ciri-ciri PMS, ya. Apabila rasa sakit dan gejala yang Anda rasakan cukup parah, jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter, Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Selanjutnya: Mantap, dalam sehari harga Bitcoin cetak 2 rekor tertinggi baru sepanjang masa

Editor: Belladina Biananda
Terbaru