5 Olahraga yang membantu meredakan nyeri saat haid

Senin, 08 November 2021 | 19:45 WIB   Reporter: Helvana Yulian
5 Olahraga yang membantu meredakan nyeri saat haid

KONTAN.CO.ID - Nyeri saat haid adalah keluhan yang umum dirasakan oleh wanita selama menstruasi. Hal ini disebabkan oleh pelepasan hormon prostaglandin yang menyebabkan rahim berkontraksi untuk mengeluarkan sel telur yang tidak dibuahi. 

Untuk mengurangi nyeri haid, Anda dapat melakukan olahraga ringan, seperti bersepeda, jalan santai, dan yoga. Beberapa studi menunjukkan bahwa olahraga yang dilakukan secara rutin terbukti mampu mengurangi nyeri haid pada beberapa wanita.

Saat berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang berperan sebagai pereda nyeri alami. Hormon ini dapat mengurangi nyeri haid yang muncul.

Baca Juga: Smesco dan Lakon Indonesia mengembangkan siluet fashion Indonesia bagi UMKM

Berikut ini adalah beberapa pilihan olahraga untuk mengurangi nyeri haid yang dapat Anda coba lakukan.

1. Pilates

Gerakan dalam pilates baik untuk melancarkan aliran darah, meregangkan otot, dan meningkatkan hormon endorfin yang dapat mengurangi nyeri saat haid.

Tak hanya itu, olahraga ini pun baik untuk memperkuat otot dan sendi serta meringankan nyeri punggung.

2. Berenang

Ada mitos yang menyebutkan bahwa wanita tidak boleh berenang saat haid, padahal mitostersebut tidak terbukti benar.

Nyatanya, berenang saat haid termasuk aman jika Anda menggunakan produk menstruasi yang tepat, seperti tampon atau menstrual cup.

Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat mengurangi kram dan kelelahan selama haid. Durasi renang yang dianjurkan adalah sekitar 10–30 menit sebanyak 2–5 kali seminggu.

3. Yoga

Yoga merupakan jenis olahraga ringan yang dapat membuat tubuh lebih rileks, menenangkan pikiran, serta mengurangi keluhan nyeri haid.

Olahraga yang praktis dan bisa dilakukan di rumah ini terbukti efektif untuk mengurangi gejala nyeri dan stres pada wanita saat haid. 

Baca Juga: Kasus meningkat, Jokowi perintahkan Menkes awasi kasus Covid-19 di 5 provinsi

4. Jalan santai

Olahraga ringan, seperti jalan santai, terbukti dapat meringankan keluhan yang muncul saat menstruasi, misalnya nyeri atau kram perut, sakit kepala, perut kembung, dan nyeri payudara.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, luangkanlah waktu setidaknya 30 menit setiap hari untuk melakukan jalan santai.

5. Bersepeda

Bersepeda termasuk olahraga aerobik ringan yang baik untuk mengurangi nyeri haid. Jika rutin dilakukan, bersepeda akan membuat aliran darah lebih lancar dan membuat Anda lebih rileks, sehingga nyeri saat haid pun akan berkurang.

Jika belum terbiasa, Anda bisa memulainya dengan bersepeda selama 15–20 menit, lalu tingkatkan secara perlahan hingga sekitar 30 menit setiap harinya.

Selain aktif berolahraga, kamu dapat meredakan nyeri haid melalui pola makan sehat. Ada baiknya kamu menghindari makanan dengan terlalu banyak garam selama periode haid.

Fokuslah makan buah dan sayuran, serta makanan sehat lainnya seperti biji-bijian, protein tanpa lemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Selanjutnya: Bumi Resources (BUMI) kawal proyek gasifikasi batubara

Editor: Helvana Yulian
Terbaru