5 Warna darah haid ini menunjukkan kondisi tubuh Anda, jangan dianggap remeh

Selasa, 05 Oktober 2021 | 13:36 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Warna darah haid ini menunjukkan kondisi tubuh Anda, jangan dianggap remeh

ILUSTRASI. Kondisi kesehatan tubuh bisa terlihat dari warna darah haid.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sadarkah Anda bahwa warna darah haid bisa jadi petunjuk kondisi tubuh? Dengan memerhatikan warna darah yang keluar setiap siklus menstruasi terjadi, Anda menjadi lebih mewaspadai kondisi tubuh Anda sendiri.

Biasanya, warna darah haid yang lebih gelap terjadi karena darah teroksidasi karena terlalu lama berada di rahim. Perubahan hormon dan kondisi kesehatan tertentu juga berpengaruh pada warna darah yang Anda keluarkan selama menstruasi.

Nah, di bawah ini, Anda bisa mengetahui arti dari warna darah yang keluar. Apabila memang dibutuhkan, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Semakin cepat Anda mendapat perawatan, semakin sedikit pula tingkat risiko kesehatan yang lebih berbahaya.

Merah

Darah yang berwarna merah terang menandakan bahwa aliran darah dalam tubuh lancar. Namun, apabila darah berwarna merah terang keluar di antara siklus menstruasi, bisa jadi hal itu adalah tanda adanya infeksi seksual menular.

Baca Juga: 5 Penyebab nyeri perut sebelah kiri yang bisa Anda alami

Merah Muda

Warna darah haid merah muda bisa terjadi karena pil KB.

Warna darah haid merah muda bisa terjadi karena Anda menggunakan pil KB. Hal itu dapat menurunkan jumlah hormon estrogen sehingga aliran darah menjadi lebih rendah dan warna darah menjadi lebih terang.

Cokelat

Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), warna darah yang cokelat atau merah gelap menandakan bahwa siklus menstruasi Anda hampir selesai. Warna tersebut juga bisa menandakan bahwa Anda sedang hamil, lo.

Namun, jika darah berwarna cokelat atau merah gelap keluar saat Anda sedang hamil, bisa jadi hal itu menandakan keguguran atau kehamilan ektopik. Jika Anda mengalami hal itu, segera periksakan diri ke dokter supaya Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai.

Baca Juga: 5 Cara mengatasi kram perut saat haid yang gampang dicoba

Abu-Abu

Warna darah haid abu-abu menandakan adanya ketidakseimbangan bakteri baik dan buruk di vagina.

Darah berwarna abu-abu menandakan bahwa ada ketidakseimbangan antara bakteri baik dan bakteri buruk di vagina. Selain darah berwarna abu-abu, gejala lain yang Anda alami adalah muncul rasa gatal di sekitar vagina, muncul sensasi terbakar saat buang air kecil, dan vagina berbau tidak sedap.

Hitam

Medical News Today menyebutkan warna darah hitam bisa muncul di awal atau akhir siklus menstruasi. Selain itu, penyumbatan dalam vagina juga bisa menyebabkan hal yang sama. Gejala penyumbatan lainnya adalah demam, sulit buang air kecil, dan muncul rasa gatal di sekitar vagina.

Selanjutnya: Bisa Anda alami, kenali 5 penyebab nyeri perut sebelah kiri ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru