5 Cara mengatasi kram perut saat haid yang gampang dicoba

Kamis, 30 September 2021 | 12:26 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara mengatasi kram perut saat haid yang gampang dicoba

ILUSTRASI. Minum air putih bisa jadi cara mengatasi kram perut saat haid.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu masalah yang sering dialami wanita setiap bulan adalah kram perut karena haid. Nah, supaya kondisi itu tak mengganggu kegiatan yang sedang Anda lakukan, ada beragam cara mengatasi kram perut saat haid. Tidak perlu khawatir, cara-caranya mudah dilakukan, kok.

Hal pertama yang sebaiknya Anda coba adalah minum banyak air putih. Usahakan untuk minum enam hingga delapan gelas per hari. Anda bisa mencampur air putih dengan timun, lemon, atau bahan alami lain supaya terasa lebih lezat.

Di sisi lain, hindari makanan asin dan minuman beralkohol karena hal itu bisa membuat tubuh dehidrasi dan memperparah gejala haid. Jika langkah tersebut tak cukup mengurangi rasa sakit yang muncul, masih banyak hal lain yang bisa Anda coba.

Manfaatkan Kayu Manis

Mengutip On Health (onhealth.com), mereka yang mengonsumsi 420 mg kayu manis tiga kali sehari selama tiga hari pertama menstruasi mengalami rasa sakit yang lebih sedikit. Anda mengonsumsi kayu manis dalam bentuk suplemen atau mencampurnya dengan makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

Baca Juga: 11 Manfaat jahe untuk kesehatan, bisa bantu redakan nyeri haid

Teh Kamomil

Penggemar teh bisa berbahagia karena minum teh kamomil termasuk salah satu cara mengatasi kram perut saat haid. Antiinflamasi yang terdapat dalam jenis teh itu mampu mengontrol prostaglandin, salah satu faktor yang menyebabkan kram perut.

Gunakan Kunyit

Kunyit bisa jadi cara mengatasi kram perut saat haid.

Kunyit adalah bahan alami berikutnya yang bisa Anda gunakan secara mudah. Selain mengurangi rasa sakit akibat haid, masih banyak manfaat kunyit lainnya yang bisa Anda dapatkan. Misalnya, mood atau perasaan selama haid menjadi lebih baik dan kondisi sistem pencernaan bisa tetap terjaga.

Konsumsi Jahe

Salah satu cara mengatasi kram perut saat haid adalah mengonsumsi jahe.

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi jahe bisa jadi salah satu cara mengatasi kram perut saat haid. Sama seperti kayu manis, bahan alami itu mampu meredakan berbagai macam gejala haid. Anda tak perlu khawatir karena risiko efek samping jahe cenderung rendah.

Baca Juga: Dari bahan-bahan alami, coba 5 obat pelancar haid ini

Pakai Kompres Hangat

Cara lain yang mudah dilakukan untuk mengatasi kram perut adalah memakai kompres hangat. On Health mengatakan bahwa Anda bisa menggunakan heating pad yang dijual di pasaran atau memanfaatkan botol berisi air hangat. Balut botol itu dengan handuk lalu gunakan di bagian perut Anda.

Apabila cara-cara tersebut tak cukup membantu dan kram perut semakin terasa, segera periksa ke dokter, ya. Kram perut yang terjadi secara berlebihan biasanya menandakan adanya masalah sistem reproduksi yang lebih serius.

Selanjutnya: Cegah kanker, berikut 6 manfaat kunyit putih untuk Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru