kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dari bahan-bahan alami, coba 5 obat pelancar haid ini


Sabtu, 25 September 2021 / 09:40 WIB
Dari bahan-bahan alami, coba 5 obat pelancar haid ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada beberapa kasus di mana siklus menstruasi tidak lancar. Jika Anda salah satu orang yang mengalami hal itu, tak ada salahnya mengonsumsi bahan alami sebagai obat pelancar haid.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan siklus haid tak teratur. Mulai dari konsumsi alkohol, aktivitas fisik yang terlalu banyak, stres, dan lain sebagainya. Supaya cara penanganan yang tepat bisa Anda dapat, cobalah untuk mengetahui faktor apa yang menyebabkan haid tak teratur.

Selain itu, mengonsumsi beberapa jenis makanan ini bisa jadi salah satu solusi. Namun, usahakan untuk tetap periksa ke dokter, ya. Jadwal haid yang sering berubah bisa jadi salah satu tanda adanya masalah pada sistem reproduksi.

Kayu Manis

E Times (timesofindia.indiatimes.com) merekomendasikan kayu manis sebagai untuk melancarkan silus haid. Kandungan dalam bahan alami itu mampu menghangatkan tubuh sehingga aliran darah menjadi lebih lancar. Dengan begitu, siklus haid pun menjadi lebih stabil.

Baca Juga: Kista ovarium, berikut gejala dan pencegahannya

Kunyit

Bahan alami berikutnya yang cocok dijadikan obat pelancar haid adalah kunyit. Tak hanya itu, rutin mengonsumsi kunyit juga mampu meredakan nyeri haid. Anda hanya perlu mencampur kunyit dalam segelas susu. Tambahkan sedikit madu lalu minum campuran itu tiap sebelum tidur.

Nanas

Selain kayu manis dan kunyit, nanas juga bisa melancarkan haid karena mengandung bromelain. Bromelain adalah salah satu jenis enzim yang mampu meluruhkan dinding rahim sehingga haid dapat terstimulasi.

Melansir E Times, bromelain juga dapat meningkatkan produksi sel darah merah dan sel darah merah. Dengan begitu, aliran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar. Anda bisa mengonsumsi nanas secara langsung atau mengolahnya jadi hidangan lain, seperti salad atau smoothie.

Baca Juga: 5 Opsi obat herbal sakit pinggang yang mudah didapat

Lidah Buaya

Jika Anda mencari obat pelancar haid, cobalah untuk memanfaatkan lidah buaya. Lidah buaya mampu mengontrol hormon sehingga haid pun menjadi lebih lancar. Caranya, campur gel lidah buaya dengan 1 sdt madu kemudian konsumsi tiap sebelum sarapan.

Jahe

Jahe berguna sebagai obat pelancar haid.

Jahe juga bisa melancarkan haid, lo. Berbagai macam nutrisi yang terkandung dalam jahe efektif membuat rahim berkontraksi. Dengan begitu, haid pun dapat terjadi. Anda bisa mencampur jahe pada berbagai macam hidangan yang Anda konsumsi sehari-hari. Minum air rebusan jahe juga bisa Anda coba.

Selanjutnya: 4 Cara meredakan nyeri haid ini mudah untuk Anda coba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×