Reproduksi dan Seks

4 Cara meredakan nyeri haid ini mudah untuk Anda coba

Kamis, 03 Juni 2021 | 10:59 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara meredakan nyeri haid ini mudah untuk Anda coba

ILUSTRASI. Cara meredakan nyeri haid perlu Anda coba supaya kondisi tubuh Anda tak terganggu. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bagi sebagian wanita, nyeri haid yang dialami tiap bulan mengakibatkan banyak gangguan. Selain membuat tidak nyaman, nyeri haid juga bisa menghambat aktivitas yang sedang Anda lakukan. Supaya hal itu bisa teratasi, ada banyak cara meredakan nyeri haid yang sebaiknya Anda coba.

Mengutip dari On Health (onhealth.com), air putih bisa Anda jadikan obat nyeri haid, lo. Usahakan untuk minum enam hingga delapan gelas air putih per hari agar perut tak kembung dan rasa sakit akibat haid berkurang.

Anda bisa menambahkan lemon atau bahan alami lain pada air putih agar rasanya lebih lezat. Selain minum banyak air putih, tentu masih banyak cara mengatasi nyeri haid lainnya yang bisa Anda praktikkan.

Hindari Jenis Makanan Tertentu

Selama siklus haid berlangsung, Anda perlu memerhatikan makanan apa saja yang Anda konsumsi. Beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari adalah makanan olahan yang mengandung gula, makanan yang memiliki asam lemak trans tinggi, alkohol, kafein, makanan cepat saji, dan lain-lain.

Baca Juga: Kista ovarium, berikut gejala dan pencegahannya

Kayu Manis

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi kayu manis termasuk salah satu cara menghilangkan nyeri haid? Menurut sebuah penelitian, wanita yang mengonsumsi 420 mg kayu manis sebanyak tiga kali sehari selama tiga hari pertama siklus mentrusai mengalami kondisi yang lebih baik.

Nyeri haid, frekuensi mual, dan jumlah darah menstruasi yang keluar lebih sedikit jika dibandingkan wanita yang tidak rutin mengonsumsi kayu manis. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengonsumsi kayu manis. Misalnya, mencampur jenis rempah itu pada sereal yang Anda konsumsi.

Kunyit

Salah satu cara meredakan nyeri haid adalah dengan mengonsumsi kunyit.

On Health mengatakan bahwa kunyit termasuk bahan alami yang efektif digunakan sebagai obat pereda nyeri haid. Curcumin yang terkandung dalam kunyit mampu meredakan peradangan sehingga gejala PMS berkurang.

Baca Juga: Perhatikan gejala dan tanda terkena kanker serviks

Teh Kamomil

Cara meredakan nyeri haid berikutnya yang bisa Anda coba adalah dengan mengonsumsi teh kamomil. Jenis teh itu mengandung antiinflamasi yang mampu mengurangi jumlah prostaglandin. Prostaglandin adalah salah satu jenis sel yang terbentuk selama siklus haid.

Berkurangnya jumlah prostaglandin dalam tubuh mengakibatkan kemunculan gejala PMS berkurang. Misalnya, sakit kepala, mual, diare, dan muntah. Selain berguna sebagai cara meredakan nyeri haid, teh kamomil pun bisa memperlancar aliran darah selama menstruasi.

Selanjutnya: Pakai bahan alami, ini rekomendasi 5 obat pelancar haid

Editor: Belladina Biananda
Terbaru