Cegah kanker, berikut 6 manfaat kunyit putih untuk Anda

Sabtu, 25 September 2021 | 08:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cegah kanker, berikut 6 manfaat kunyit putih untuk Anda

KONTAN.CO.ID - Manfaat kunyit putih berguna untuk kesehatan tubuh Anda. Tentu saja Anda perlu mengonsumsinya secara rutin supaya manfaatnya bisa Anda dapat secara maksimal.

Mengutip dari Healthbenefitstimes.com, kunyit putih umumnya dipakai untuk mengobati nyeri haid, muntah, hingga mencegah pertumbuhan sel kanker. Namun, ada pula yang memakai kunyit putih untuk mengatasi asam lambung, batuk, demam, pilek, dan lain sebagainya.

Manfaat kunyit putih berasal dari banyaknya nutrisi yang terdapat di dalamnya. Mulai dari antioksidan, protein, zat tepung, hingga curcumin. Sebelum mengonsumsinya secara rutin, jangan lupa untuk tetap berkonsultasi ke dokter supaya manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan optimal.

Mengatasi masalah pada sistem pernapasan

Ada banyak masalah pada sistem pernapasan yang bisa Anda alami. Salah satunya adalah penumpukan lendir di saluran pernapasan yang bisa mengganggu pernapasan Anda. Untuk menghindari masalah itu, tak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi kunyit putih.

Baca Juga: Bahan-bahan alami ini bisa jadi obat pengencer darah, apa saja?

Menurunkan gula darah

Jumlah gula darah dalam tubuh yang terlalu tinggi bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lebih parah. Maka dari itu, Anda membutuhkan kunyit putih supaya gula darah lebih terkontrol. Meski demikian, bukan berarti Anda bisa mengabaikan obat-obat diabetes yang disarankan dokter, ya.

Mencegah kanker

Seperti yang telah disebutkan, salah satu khasiat kunyit putih adalah mencegah pertumbuhan sel kanker. Antioksidan yang terkandung dalam kunyit putih mampu melawan serangan radikal bebas sehingga penyebaran sel kanker dapat dicegah.

Mencegah infeksi bakteri

Khasiat kunyit putih yang bisa Anda dapat adalah jenis rempah itu bisa dimanfaatkan untuk mencegah infeksi bakteri. Contohnya, Anda bisa menggunakan kunyit putih sebagai obat kumur. Dengan begitu, bakteri penyebab penyakit gigi dan mulut dapat Anda hindari.

Baca Juga: Ini 8 bahan alami yang bisa membantu meredakan jerawat

Menjaga kesehatan pencernaan

Salah satu khasiat kunyit putih adalah menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Sistem pencernaan Anda bisa mengalami masalah karena berbagai macam hal. Salah satu contohnya adalah asam lambung naik ketika Anda stres. Untuk menghindari masalah yang lebih parah, cobalah untuk rutin mengonsumsi kunyit putih.

Meredakan peradangan

Kunyit putih memiliki banyak antiinflamasi yang bisa meredakan peradangan, baik di dalam atau di luar tubuh. Jika Anda ingin menggunakan kunyit putih di kulit secara langsung, jangan lupa untuk melakukan uji coba dulu, ya. Segera hentikan pemakaian jika muncul iritasi atau reaksi alergi yang lain.

Selanjutnya: Bisa turunkan berat badan, inilah 10 manfaat saffron untuk kesehatan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru