Bahan-bahan alami ini bisa jadi obat pengencer darah, apa saja?

Kamis, 19 Agustus 2021 | 16:18 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bahan-bahan alami ini bisa jadi obat pengencer darah, apa saja?

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penggumpalan darah yang tak tepat bisa mengganggu kesehatan Anda. Untuk menghindari masalah yang tak Anda inginkan, cobalah untuk mengonsumsi obat pengencer darah. Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan.

Masalah serius terjadi ketika penggumpalan darah terjadi dalam pembuluh darah vena atau arteri. Saat darah yang menggumpal masuk ke paru-paru atau jantung, aliran darah menjadi terganggu sehingga kondisi Anda menjadi terancam.

Tidak hanya mengonsumsi beberapa jenis bahan alami di bawah ini, jangan lupa untuk tetap berkonsultasi ke dokter, ya. Dengan begitu, kondisi kesehatan Anda bisa tetap terkontrol dengan baik. Perawatan yang tepat juga bisa Anda dapatkan.

Cabai Rawit

Mengutip dari The Health Sessions (thehealthsessions.com), salisilat yang terkandung dalam cabai rawit mampu mengencerkan darah. Selain itu, kandungan dalam cabai rawit juga efektif menurunkan tekanan darah sehingga aliran darah menjadi lebih terkontrol.

Baca Juga: Tak banyak disadari, inilah 4 penyebab gusi berdarah

Bawang Putih

Bawang putih juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat pengencer darah, lo. Bukan tanpa alasan, jenis bahan alami itu mengandung banyak antioksidan dan antimikroba. Anda bisa mencampur bawang putih dalam masakan yang Anda konsumsi sehari-hari atau mengonsumsinya dalam bentuk suplemen.

Kunyit

Bahan alami lain yang direkomendasikan The Health Sessions sebagai obat pengencer darah adalah kunyit. Menurut sebuah penelitian, partisipan yang rutin mengonsumsi kunyit setiap hari mampu menurunkan risiko penggumpalan darah.

Ekstrak Biji Anggur

Ekstrak biji anggur jadi bahan berikutnya yang mampu mengencerkan darah. Selain itu, ekstrak biji anggur juga efektif menurunkan tekanan darah dan menjaga kondisi kesehatan pembuluh darah. Meski demikian, Anda tetap perlu mengonsultasikan bahan alami itu sebelum rutin mengonsumsinya.

Baca Juga: Patut waspada, 5 penyebab mimisan ini bisa Anda alami

Kayu Manis

Kayu manis adalah salah satu bahan alami yang berguna sebagai obat pengencer darah.

Supaya penggumpalan darah yang tak diinginkan bisa Anda hindari, tak ada salahnya untuk memanfaatkan kayu manis. Sama seperti bahan alami yang lain, kayu manis pun mampu menurunkan tekanan darah. Namun, mengonsumsi kayu manis terlalu banyak karena justru dapat menimbulkan efek samping.

Jahe

Antiinflamasi dan salisilat yang terdapat dalam jahe dipercaya mampu mengencerkan darah. Meski demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk benar-benar membuktikan manfaat jahe tersebut.

Selanjutnya: 5 Penyebab stroke yang patut diwaspadai, jangan anggap enteng

Editor: Belladina Biananda
Terbaru