Tak banyak disadari, inilah 4 penyebab gusi berdarah

Selasa, 17 Agustus 2021 | 12:16 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tak banyak disadari, inilah 4 penyebab gusi berdarah

ILUSTRASI. Ada banyak faktor yang bisa jadi penyebab gusi berdarah.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada beberapa faktor yang bisa jadi penyebab gusi berdarah. Tentu saja Anda perlu mewaspadainya. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda. Langkah pencegahan pun dapat Anda lakukan jika mengetahui penyebabnya.

Biasanya, gusi berdarah bisa terjadi karena Anda menyikat gigi atau menggunakan benang gigi dengan cara yang terlalu kasar. Namun, Anda tak perlu khawatir karena gusi berdarah akibat faktor itu bisa sembuh dalam waktu singkat.

Tidak hanya itu, masih banyak faktor lain yang menyebabkan gusi Anda berdarah. Mulai dari gingivits, konsumsi obat tertentu, dan lain sebagainya. Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter jika pendarahan tak kunjung berhenti. Apalagi jika muncul gejala lain yang lebih parah.

Jenis Obat Tertentu

Melansir Colgate (colgate.com), beberapa jenis obat dapat memicu pendarahan di bagian gusi. Salah satu jenis obat yang dimaksud adalah obat pengencer darah. Saat mengonsumsi jenis obat itu, tubuh Anda cenderung kesulitan untuk menggumpalkan darah sehingga gusi berdarah pun Anda alami.

Baca Juga: 3 Cara menghilangkan karang gigi secara alami

Hamil

Tahukah Anda bahwa kehamilan dapat jadi salah satu penyebab gusi berdarah? Kondisi itu terjadi karena ketidakseimbangan hormon selama hamil. Akibatnya, gusi menjadi lebih rentan mengalami pembengkakan dan pendarahan.

Supaya kondisi kesehatan tetap terjaga dan gusi berdarah tak bertambah parah, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut, ya. Selalu sikat gigi dan pakai benang gigi secara rutin. Memilih sikat gigi dengan bulu yang lebih halus juga bisa Anda jadikan pilihan.

Gingivitis

Gingivitis adalah salah satu jenis penyakit gusi yang bisa dialami oleh siapa saja. Karang gigi yang terus dibiarkan dapat menginfeksi gigi sehingga pembengkakan dan pendarahan pun terjadi. Anda perlu segera mengatasi penyebab gusi berdarah itu supaya kesehatan gigi dan mulut tak memburuk.

Baca Juga: 4 Rekomendasi obat sakit gigi anak yang bisa dicoba

Perubahan Perawatan Gigi

Perubahan perawatan gigi bisa jadi penyebab gusi berdarah.

Colgate menyebutkan bahwa perubahan perawatan gigi bisa membuat gusi berdarah. Misalnya, gusi berdarah terjadi saat Anda mulai membiasakan diri menggunakan benang gigi. Anda tak perlu terlalu khawatir karena gusi berdarah karena hal itu bisa teratasi dalam waktu singkat.

Namun, jika pendarahan tidak berhenti dalam jangka waktu yang lebih lama, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya. Bisa jadi pendarahan terjadi bukan karena perubahan perawatan gigi, tapi karena faktor kesehatan lain yang tidak Anda sadari.

Selanjutnya: Tak banyak yang tahu, inilah 4 penyebab gusi bengkak

Editor: Belladina Biananda
Terbaru