kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Rekomendasi obat sakit gigi anak yang bisa dicoba


Jumat, 13 Agustus 2021 / 15:29 WIB
4 Rekomendasi obat sakit gigi anak yang bisa dicoba
ILUSTRASI. Lidah buaya bisa Anda manfaatkan sebagai obat sakit gigi anak.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anak-anak rentan mengalami sakit gigi. Biasanya, kebersihan gigi dan mulut yang tak terjaga adalah penyebabnya. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada banyak rekomendasi obat sakit gigi anak yang dapat Anda jadikan pilihan.

Beberapa jenis obat apotek yang mengandung antiinflamasi, seperti ibuprofen, bisa dipakai untuk mengobati sakit gigi. Namun, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa jenis bahan alami. Dengan pemakaian rutin, rasa sakit di gigi bisa hilang.

Meski bahan-bahan alami ini mudah ditemukan dan mudah dicoba, tapi bukan berarti Anda tidak perlu membawa anak-anak ke dokter gigi, ya. Pastikan untuk segera memeriksakan anak ke dokter gigi supaya kondisi kesehatan gigi dan mulut tetap terpantau.

Lidah Buaya

Dentistry On Dusk (dentistryondusk.com) mengatakan bahwa lidah buaya mengandung antibakteri. Dengan memanfaatkan bahan alami itu, bakteri yang menumpuk dan menyebabkan sakit gigi bisa dilawan. Anda hanya perlu menggosokkan lidah buaya pada bagian gigi yang sakit secara perlahan.

Baca Juga: Tak banyak yang tahu, inilah 4 penyebab gusi bengkak

Kompres Dingin

Sakit gigi yang dialami anak-anak juga bisa berkurang dengan memakai kompres dingin, lo. Suhu dingin yang keluar dari kompres akan mempersempit pembuluh darah sehingga pembengakakan pun mereda. Dengan begitu, sakit gigi dapat hilang.

Anda hanya perlu menempatkan kompres dingin di pipi yang dekat dengan sakit gigi. Lakukan langkah tersebut selama 20 menit. Selang beberapa jam, ulangi lagi mengompres bagian gigi yang sakit dalam jangka waktu yang sama.

Air Garam

Air garam dapat Anda gunakan sebagai obat sakit gigi anak.

Campurkan ½ sdt garam dalam segelas air hangat lalu minta anak untuk berkumur dengan larutan itu. Kandungan dalam air garam akan membunuh bakteri yang menginfeksi sehingga rasa sakit berkurang. Namun, pastikan anak-anak tidak menelan air garam yang dipakai untuk berkumur, ya.

Baca Juga: 5 Manfaat luar biasa air garam bagi tubuh, bisa untuk detoksifikasi

Bawang Putih

Jika Anda mencari obat sakit gigi anak, maka cobalah untuk memakai bawang putih. Mengutip dari Dentistry On Dusk, bawang putih mengandung antibakteri yang bisa melawan bakteri penyebab plak dan sakit gigi.

Anda perlu menumbuk bawang putih hingga halus terlebih dahulu. Setelah itu, aplikasikan bahan alami itu pada bagian gigi yang sakit. Untuk mengurangi risiko iritasi dan memaksimalkan efeknya, Anda bisa menambah sedikit garam pada obat sakit gigi anak tersebut.

Selanjutnya: 5 Manfaat air garam untuk kesehatan tubuh ternyata luar biasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×