kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tak banyak yang tahu, inilah 4 penyebab gusi bengkak


Kamis, 12 Agustus 2021 / 08:36 WIB
Tak banyak yang tahu, inilah 4 penyebab gusi bengkak
ILUSTRASI. Ada beberapa penyebab gusi bengkak yang perlu Anda waspadai.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyebab gusi bengkak perlu Anda waspadai. Hal itu penting untuk Anda lakukan supaya bisa mendapat perawatan yang tepat. Dengan begitu, masalah kesehatan yang lebih parah dapat Anda hindari dengan maksimal.

Biasanya, gusi bengkak terjadi karena infeksi bakteri. Jika terus dibiarkan, bukan tidak mungkin gusi berdarah dan muncul penyakit yang lain. Anda menjadi kesulitan untuk berbicara, mengonsumsi makanan dan minuman, serta masalah lain yang mengganggu keseharian.

Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gusi bengkak dan kondisi yang lain. Setelah dilakukan pemeriksaan, biasanya dokter akan memberikan saran perawatan sesuai dengan kondisi dan penyebab-penyebab ini.

Merokok

Avperiodontics (avperio.com) menyebutkan bahwa gusi bengkak serta masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya bisa muncul karena kebiasaan merokok. Menurut sebuah penelitian, perokok memiliki risiko dua kali lebih besar terkena penyakit gigi dan mulut.

Alasannya karena kandungan dalam rokok dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. Untuk menghindari masalah tersebut, tentu saja Anda perlu menghentikan kebiasaan itu. Selain menjaga kesehatan gigi dan mulut, berhenti merokok juga baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Baca Juga: Pakai bahan alami, cek 4 cara mengatasi gusi bengkak ini

Jenis Obat Tertentu

Minum jenis obat tertentu bisa jadi salah satu penyebab gusi bengkak.

Penyebab gusi bengkak berikutnya datang dari obat-obatan yang Anda konsumsi. Beberapa jenis obat dapat mengurangi produksi air ludah sehingga mulut menjadi lebih mudah kering. Padahal, air ludah berguna untuk membersihkan sisa makanan dan bakteri yang memicu gusi bengkak.

Tubuh Kekurangan Nutrisi

Anda perlu mengonsumsi makanan bergizi karena hal itu berpengaruh pada kesehatan gigi dan mulut. Mengutip dari Avperiodontics, tubuh yang kekurangan nutrisi memiliki sistem imun lebih rendah. Hal itulah yang membuat Anda berisiko mengalami penyakit gigi dan mulut.

Tak hanya mengonsumsi makanan bergizi, Anda juga perlu membatasi konsumsi jenis makanan dan minuman tertentu. Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan dan minuman manis terlalu banyak karena jenis makanan itu bisa merusak enamel gigi.

Baca Juga: 4 Cara membersihkan karang gigi, bisa dicoba di rumah

Kebersihan Tak Terjaga

Penyebab gusi bengkak lainnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah kebersihan gigi dan mulut yang tak terjaga. Penumpukan sisa makanan dan kotoran lain dapat mengeluarkan zat racun yang memicu inflamasi di bagian gusi.

Cobalah untuk menyikat gigi secara teratur. Jangan lupa untuk memakai benang gigi atau obat kumur supaya kotoran bisa dibersihkan secara maksimal. Selain itu, usahakan untuk rutin memeriksakan diri ke dokter supaya kesehatan gigi dan mulut selalu terpantau.

Selanjutnya: 4 Cara mengatasi sakit gigi ini bisa Anda coba di rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×