kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara mengatasi sakit gigi ini bisa Anda coba di rumah


Rabu, 28 Juli 2021 / 11:36 WIB
4 Cara mengatasi sakit gigi ini bisa Anda coba di rumah
ILUSTRASI. Beberapa cara mengatasi sakit gigi dapat Anda praktikkan di rumah.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sakit gigi bisa dialami siapa saja dan kapan saja. Saat Anda tak bisa langsung ke dokter gigi, ada beberapa cara mengatasi sakit gigi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Dengan begitu, rasa nyeri dapat berkkurang.

Perlu diingat bahwa beberapa cara dalam artikel ini hanya bersifat sementara, ya. Anda tetap perlu memeriksakan diri ke dokter jika sudah ada waktu. Bisa jadi sakit gigi yang Anda alami disebabkan oleh faktor lain yang lebih serius.

Anda juga perlu melakukan uji coba dulu sebelum rutin menggunakan cara-cara ini. Jika muncul reaksi alergi, segera hentikan pemakaian dan gunakan cara yang lain. Namun, jika tidak ada reaksi alergi atau iritasi apa pun yang muncul, Anda bisa melanjutkan pemakaian.

Minyak Cengkih

Mengutip dari Bloor West Smiles Dental (bloorwestsmiles.com), minyak cengkih dapat membuat saraf mati rasa sehingga sakit gigi pun dapat berkurang. Caranya, basahi kapas dengan jenis minyak itu lalu aplikasikan pada daerah gusi dan gigi yang terasa sakit.

Baca Juga: 5 Pilihan obat herbal sakit gigi yang bisa Anda coba

Peppermint

Selain minyak cengkih, peppermint juga bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengatasi sakit gigi. Antibakteri yang terkandung dalam bahan alami itu efektif melawan infeksi bakteri penyebab sakit gigi. Ada banyak pilihan yang bisa Anda coba, mulai dari minyak peppermint atau teh peppermint.

Air Garam

Bloor West Smiles Dental merekomendasikan air garam sebagai obat sakit gigi. Caranya, campur 1 sdt garam dalam segelas air hangat. Setelah menyikat gigi, gunakan campuran itu sebagai obat kumur. Ulangi berkumur dengan air garam sebanyak beberapa kali dalam sehari untuk mendapat hasil yang maksimal.

Baca Juga: Gusi bengkak disertai nyeri? Coba redakan dengan cara ini

Bawang Putih

Bawang putih dapat Anda pakai sebagai cara mengatasi sakit gigi.

Jika Anda mencari cara mengatasi sakit gigi, maka tak ada salahnya untuk mencoba bawang putih. Bukan tanpa alasan, bahan alami itu efektif menyembuhkan sakit gigi karena mengandung allicin. Cara yang perlu Anda lakukan pun mudah.

Pertama, kupas kulit bawang putih kemudian iris bawang putih menjadi beberapa potong. Letakkan potongan bawang putih itu di atas gigi yang sakit. Selain itu, Anda bisa menumbuk bawang putih dulu hingga halus lalu aplikasikan pada sakit gigi.

Selanjutnya: Dari bahan alami, cek 4 rekomendasi obat nyeri gigi ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×