5 Pilihan obat herbal sakit gigi yang bisa Anda coba

Sabtu, 24 Juli 2021 | 12:35 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Pilihan obat herbal sakit gigi yang bisa Anda coba

KONTAN.CO.ID - Obat herbal sakit gigi bisa jadi salah satu opsi yang bisa Anda coba. Selain mudah didapat, cara menggunakannya pun tidak sulit.

Namun, perlu diingat bahwa bahan-bahan alami dalam artikel ini digunakan sebagai obat sementara. Jika sakit gigi terus Anda alami dalam jangka waktu lama, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, ya.

Bisa jadi sakit gigi terjadi akibat masalah kesehatan yang lebih parah. Selain itu, Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum memakai bahan-bahan alami ini. Tujuannya supaya tidak ada efek samping yang perlu Anda alami.

Daun jambu biji

Laman Medicine Net menyebutkan, daun jambu biji bisa digunakan sebagai salah satu obat herbal sakit gigi. Antimikroba yang terkandung dalam bahan alami itu mampu meredakan inflamasi atau peradangan sehingga rasa sakit pun berkurang.

Cara yang perlu Anda lakukan pun mudah. Pertama-tama, cuci daun jambu biji sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu, kunyah daun jambu biji untuk menyembuhkan sakit gigi.

Selain dikunyah langsung, air daun jambu biji juga bisa Anda gunakan sebagai obat kumur.

Baca Juga: Cari cara memutihkan gigi alami? Pakai 4 bahan ini, yuk

Lemon

Sakit gigi bisa Anda sembuhkan dengan lemon, lo. Alasannya karena jenis buah itu mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Selain lemon, jenis buah sitrus lain juga bisa Anda gunakan. Misalnya, jeruk nipis.

Bawang merah

Bawang merah termasuk obat herbal sakit gigi yang bisa Anda jadikan pilihan. Sama seperti daun jambu biji, bawang merah mengandung antimikroba yang cukup tinggi.

Caranya, potong bawang merah jadi beberapa bagian lalu kunyah bahan alami itu secara langsung.

Baca Juga: 6 Manfaat cuka apel yang sudah terbukti untuk kesehatan

Bawang putih

Bawang putih berguna sebagai obat herbal sakit gigi.

Selain bawang merah, Medicine Net merekomendasikan bawang putih untuk menyembuhkan sakit gigi. Tak hanya menyembuhkan sakit gigi, kandungan dalam bawang putih juga efektif membersihkan plak yang bisa mengganggu kesehatan gigi dan mulut.

Kunyit

Tahukah Anda bahwa kunyit dapat mengurangi sakit gigi? Jenis rempah itu mengandung banyak antiinflamasi dan antibakteri yang efektif menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Caranya, campur bubuk kunyit dengan sedikit air. Setelah berbentuk pasta, aplikasikan pada bagian gigi yang sakit.

Selanjutnya: 4 Cara membersihkan karang gigi ini mudah dicoba, lo

Editor: Belladina Biananda
Terbaru