kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara membersihkan karang gigi ini mudah dicoba, lo


Senin, 12 Juli 2021 / 12:45 WIB
4 Cara membersihkan karang gigi ini mudah dicoba, lo
ILUSTRASI. Cara membersihkan karang gigi dapat Anda coba. Tribun Jateng/Hermawan Handaka.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Karang gigi terbentuk dari penumpukan sisa makanan, air liur, dan jenis kotoran lain dalam mulut. Tentu saja, cara membersihkan karang gigi perlu segera Anda lakukan. Tujuannya, biar karang gigi tak mengganggu kesehatan gigi dan mulut.

Karang gigi yang terus dibiarkan awalnya bisa mengubah warna gigi dan menyebabkan bau mulut. Seiring berjalannya waktu, kondisi itu dapat menyebabkan penyakit yang mengganggu kesehatan tubuh Anda.

Ada banyak cara yang bisa Anda coba di rumah untuk menghilangkan karang gigi. Namun, jika cara-cara ini tidak memberikan hasil yang Anda inginkan, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya.

Berhenti merokok

Melansir Carefree Dental, karang gigi bisa hilang dan pembentukannya bisa Anda cegah jika Anda berhenti merokok. Selain membersihkan karang gigi, berhenti merokok juga dapat menurunkan risiko penyakit gusi dan gigi sehingga baik untuk kondisi tubuh Anda.

Baca Juga: Cara menghilangkan karang gigi ini pakai bahan alami, lo

Manfaatkan cengkih

Tahukah Anda bahwa cengkih bisa dimanfaatkan sebagai cara membersihkan karang gigi? Cara yang perlu Anda lakukan pun mudah. Pertama-tama, campur bubuk cengkih dengan sedikit air hingga berbentuk pasta.

Setelah itu, aplikasikan pasta cengkih pada karang gigi. Anda perlu mendiamkannya selama beberapa saat sebelum membilasnya dengan air. Tidak hanya mengurangi karang gigi, menggunakan pasta cengkih juga efektif menyembuhkan sakit gigi.

Gunakan kulit jeruk

Kulit jeruk dapat Anda manfaatkan sebagai cara membersihkan karang gigi.

Carefree Dental merekomendasikan Anda untuk memakai kulit jeruk supaya karang gigi berkurang. Caranya, gosokkan kulit jeruk bagian dalam pada gigi.

Dengan pemakaian rutin, kulit jeruk mampu melawan mikroorganisme yang menempel pada gigi dan menyebabkan karang gigi.

Baca Juga: 5 Cara menghilangkan karang gigi ini bisa dilakukan di rumah

Pakai cuka

Cara membersihkan karang gigi selanjutnya yang bisa Anda jadikan pilihan adalah dengan memanfaatkan cuka. Meski cuka memiliki aroma menyengat yang kurang sedap, bahan itu cukup efektif menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Pertama-tama, Anda perlu mencampur 2 sdm cuka dengan 1 sdm garam dan 4 ons air. Setelah teraduk rata, gunakan campuran itu untuk berkumur. Untuk mendapat hasil yang maksimal, usahakan untuk mengulangi cara tersebut dua hingga tiga kali dalam sehari.

Selanjutnya: Penyebab dan cara mencegah gusi bengkak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×