5 Cara menghilangkan karang gigi ini bisa dilakukan di rumah

Senin, 14 Juni 2021 | 13:01 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara menghilangkan karang gigi ini bisa dilakukan di rumah

ILUSTRASI. Cara menghilangkan karang gigi dapat Anda lakukan di rumah, lo. Tribun Jateng/Hermawan Handaka.

KONTAN.CO.ID - Cara menghilangkan karang gigi perlu rutin Anda lakukan. Jika tidak, karang gigi dapat melukai gusi sehingga kesehatan gigi dan mulut Anda terganggu.

Selain mengunjungi dokter gigi, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan di rumah supaya karang gigi berkurang. Pertama, Anda perlu menyikat gigi agar karang gigi lepas.

Laman Welch Dental Group merekomendasikan Anda untuk memakai sikat gigi elektrik. Tujuannya, agar getaran dari jenis sikat gigi itu memaksimalkan usaha Anda untuk merontokkan karang gigi.

Kedua, pilihlah pasta gigi berflorida. Tujuannya, biar enamel semakin kuat sehingga kesehatan gigi tetap terjaga.

Selain dua cara itu, masih banyak cara lain yang bisa Anda lakukan. Namun, jika karang gigi tak kunjung hilang dan muncul masalah kesehatan lain, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Kulit jeruk

Tahukah Anda bahwa kulit jeruk bisa digunakan untuk membersihkan karang gigi? Anda hanya perlu menggosokkan kulit jeruk bagian dalam pada gigi secara rutin. Selain memberihkan karang gigi, cara tersebut juga bisa memutihkan gigi Anda.

Baca Juga: Dari bahan alami, 4 obat gusi bengkak ini layak dicoba

Benang gigi

Menggunakan benang gigi jadi cara selanjutnya yang bisa Anda coba agar kemunculan karang gigi berkurang. Benang gigi berguna untuk membersihkan gigi yang sulit terjangkau.

Cobalah untuk memakainya dengan benar dan rutin agar karang gigi cepat berkurang.

Lidah buaya

Mengutip dari Welch Dental Group, lidah buaya bisa dimanfaatkan untuk membersihkan karang gigi. Anda perlu mengkombinasikan bahan alami itu dengan bahan-bahan yang lain.

Gunakan campuran satu gelas air, ½ gelas baking soda, 1 sdt gel lidah buaya, 4 sdt gliserin, dan beberapa tetes minyak lemon secara rutin.

Baca Juga: Efektif, ini 4 cara memutihkan gigi yang bisa Anda coba

Sayur dan buah

Cara menghilangkan karang gigi berikutnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah dengan mengonsumsi sayur dan buah yang renyah. Misalnya, apel, wortel, brokoli.

Teksturnya yang sedikit kasar mampu merontokkan karang gigi yang Anda miliki.

Baking soda

Salah satu manfaat baking soda adalah digunakan sebagai cara menghilangkan karang gigi.

Baking soda juga bisa Anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan karang gigi, lo. Pertama-tama, campur 1 sdm baking soda dengan sejumput garam dan sedikit air.

Setelah teraduk rata, gunakan campuran itu sebagai pasta gigi. Karena bersifat korosif, pastikan untuk tidak menggunakan baking soda terlalu sering, ya.

Selanjutnya: 6 Bahan ini cocok dijadikan cara menghilangkan karang gigi

Editor: Belladina Biananda
Terbaru