kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dari bahan alami, cek 4 rekomendasi obat nyeri gigi ini


Senin, 26 Juli 2021 / 07:41 WIB
Dari bahan alami, cek 4 rekomendasi obat nyeri gigi ini
ILUSTRASI. Supaya rasa sakit berkurang, cobalah untuk menggunakan obat nyeri gigi. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setiap orang bisa mengalami sakit gigi kapan pun. Jika Anda mengalami masalah itu di malam hari atau ketika dokter gigi langganan Anda tutup, ada beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai obat nyeri gigi.

Salah satu bahan yang bisa Anda coba adalah minyak cengkih. Dental Care Croatia (dental-care-croatia.com) mengatakan bahwa eugenol yang terdapat dalam jenis minyak itu efektif mengobati sakit gigi.

Anda hanya perlu mengaplikasikan satu hingga dua tetes minyak cengkih pada bagian gigi yang sakit. Lakukan langkah tersebut tiga hingga empat kali dalam sehari. Selain memanfaatkan minyak cengkih, tentu saja masih banyak bahan alami lain yang bisa Anda gunakan.

Kantung Teh

Jika Anda mencari obat nyeri gigi, cobalah untuk memakai kantung teh. Kandungan dalam bahan alami itu mampu meredakan peradangan sehingga rasa sakit pun berkurang. Cara yang sebaiknya Anda lakukan pun mudah.

Caranya, rendam kantung teh dalam air dingin kemudian aplikasikan pada gigi yang sakit. Jika Anda memiliki tipe gigi sensitif, Anda bisa mengganti air dingin dengan air biasa. Untuk mendapat hasil maksimal, cobalah untuk melakukannya sebanyak satu hingga dua kali dalam sehari.

Baca Juga: Cara meringankan sakit gigi tanpa obat, cukup dengan bahan alami

Minyak Kelapa

Tahukah Anda bahwa minyak kelapa bisa dimanfaatkan sebagai obat nyeri gigi? Selain mengobati infeksi, minyak kelapa juga efektif mengatasi gusi berdarah. Manfaat itu berasal dari asam laurat yang berperan sebagai antiinflamasi dan antimikroba.

Pertama, berkumurlah dengan minyak kelapa selama 20 menit. Setelah itu, buang minyak kelapa dan lanjutkan dengan berkumur menggunakan air hangat. Berikutnya, sikat gigi menggunakan pasta gigi yang bisa Anda pakai.

Bawang Merah

Salah satu obat nyeri gigi adalah bawang merah.

Bawang merah juga bisa dijadikan obat nyeri gigi, lo. Anda hanya perlu mengaplikasikan bawang merah mentah pada gigi yang terasa sakit. Lakukan cara tersebut dua kali dalam sehari supaya gigi sakit bisa sembuh dengan lebih cepat.

Baca Juga: Obat alami sakit gigi ini mudah didapatkan, kenali cara pemakaiannya

Jahe dan Cabai Rawit

Mengutip dari Dental Care Croatia, jahe dan cabai rawit jadi kombinasi bahan alami yang mampu meredakan inflamasi dan menyembuhkan sakit gigi. Caranya, campur jahe dengan 1 sdt cabai rawit dan sedikit air.

Setelah teraduk rata dan berbentuk pasta, celupkan kapas dalam campuran itu kemudian aplikasikan pada gigi yang sakit selama beberapa menit. Ulangi cara tersebut beberapa kali dalam sehari sampai sakit gigi berkurang.

Selanjutnya: 4 Cara mengatasi gusi bengkak ini pakai bahan alami, lo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×