kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45932,69   4,34   0.47%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara mengatasi gusi bengkak ini pakai bahan alami, lo


Senin, 21 Juni 2021 / 08:37 WIB
4 Cara mengatasi gusi bengkak ini pakai bahan alami, lo
ILUSTRASI. Salah satu manfaat kunyit adalah digunakan sebagai cara mengatasi gusi bengkak.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gusi bengkak bisa jadi tanda berbagai macam masalah kesehatan gigi dan mulut. Jika Anda mengalami masalah tersebut, ada banyak cara mengatasi gusi bengkak yang bisa Anda lakukan. Mulai dari berkonsultasi dengan dokter, minum obat apotek, atau memanfaatkan bahan alami.

Ada beberapa jenis obat yang bisa Anda konsumsi agar gusi bengkak mereda. Misalnya, aspirin dan ibuprofen. Supaya efeknya lebih maksimal, Anda bisa mengkombinasikannya dengan bahan alami yang lain.

Namun, perlu diperhatikan bahwa obat dari bahan-bahan alami berikut ini hanya bersifat sementara. Jika gusi bengkak tak kunjung mereda, segera periksakan diri ke dokter. Bisa jadi gusi bengkak muncul karena masalah kesehatan yang lebih parah.

Kunyit

Mengutip dari Dee Kay Dental (deekaydental.com), kunyit mampu meredakan gusi bengkak dan mengurangi nyeri yang Anda rasakan. Alasannya karena kunyit mengandung antiinflamasi, antioksidan, serta nutrisi penting lain yang berguna untuk kesehatan gigi dan mulut.

Anda perlu mencampur ¼ sdt kunyit dengan sedikit air terlebih dahulu. Aduk rata hingga berbentuk pasta lalu aplikasikan pada gusi bengkak. Diamkan dulu selama lima menit kemudian berkumurlah dengan air hangat. Ulangi langkah tersebut setiap hari untuk mendapat hasil maksimal.

Baca Juga: 5 Penyebab gusi berdarah ini perlu Anda waspadai, apa saja?

Garam

Berkumur dengan air garam merupakan cara mengatasi gusi bengkak yang sudah sering dilakukan oleh banyak orang. Tak hanya mengurangi rasa sakit, kandungan dalam garam pun efektif mencegah pertumbuhan bakteri.

Caranya, campur 1 sdt garam dalam segelas air hangat. Berkumurlah dengan air garam minimal dua kali dalam sehari. Jangan lupa untuk berkumur lagi dengan air biasa untuk menghilangkan residu yang mungkin masih tertinggal.

Tea Tree Oil

Dee Kay Dental merekomendasikan tea tree oil untuk mengobati gusi bengkak. Berkumurlah dengan segelas air yang telah diberi beberapa tetes tea tree oil. Antiinflamasi dan antibiotik yang terkandung dalam jenis minyak itu mampu meredakan gusi bengkak dan mengurangi rasa sakit.

Baca Juga: 6 Bahan ini cocok dijadikan cara menghilangkan karang gigi

Kantung Teh

Salah satu cara mengatasi gusi bengkak adalah dengan memakai kantung teh.

Cara mengatasi gusi bengkak berikutnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah dengan memanfaatkan kantung teh. Cobalah untuk menggunakan teh hijau, teh hitam, atau teh kamomil karena jenis-jenis teh itu mengandung astringen dan antiinflamasi.

Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah. Pertama, rendam kantung teh dalam air panas selama lima menit. Setelah itu, diamkan beberapa saat hingga kantung teh tak terlalu panas kemudian aplikasikan pada gusi Anda yang bengkak.

Selanjutnya: Catat, 5 penyebab gusi bengkak ini perlu Anda waspadai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×