kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat, 5 penyebab gusi bengkak ini perlu Anda waspadai


Rabu, 16 Juni 2021 / 09:24 WIB
Catat, 5 penyebab gusi bengkak ini perlu Anda waspadai
ILUSTRASI. Dengan mengenali penyebab gusi bengkak, Anda bisa mendapat perawatan yang tepat. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak penyebab gusi bengkak yang dapat Anda alami. Mulai dari masalah sepele hingga masalah yang lebih serius. Dengan mengetahui penyebabnya, bentuk perawatan yang perlu Anda lakukan pun bisa lebih mudah ditentukan.

Gusi bengkak bisa disebabkan karena sisa makanan yang menyangkut di sela-sela gigi, lo. Biasanya, hal itu tak banyak disadari oleh banyak orang. Sisa makanan itu akan menekan beberapa sisi gusi hingga menyebabkan iritasi dan pembengkakan.

Untuk mengatasi hal itu, Anda perlu rajin menyikat gigi dan menggunakan benang gigi. Selain disebabkan oleh sisa makanan yang menyangkut, masih banyak faktor lain yang membuat gusi Anda mengalami pembengkakan.

Hamil

Tahukah Anda bahwa hamil dapat membuat gusi bengkak? Mengutip dari Medical News Today (mediacalnewstoday.com), ibu hamil mengalami perubahan hormon dalam tubuh yang cukup signifikan. Kondisi itu mengakibatkan aliran darah di sekitar gusi meningkat sehingga gusi menjadi lebih sensitif.

Baca Juga: Cara menyembuhkan sakit gigi tanpa obat, cukup dengan bahan alami

Sensitif Terhadap Sikat dan Pasta Gigi

Penyebab gusi bengkak lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah sikat dan pasta gigi. Beberapa pasta gigi memiliki bahan dasar yang membuat gusi iritasi. Sedangkan beberapa sikat gigi memiliki bulu yang terasa lebih kasar sehingga melukai gusi Anda.

Gingivitis

Gingivitis jadi penyebab gusi bengkak berikutnya yang sering dialami oleh banyak orang. Selain gusi bengkak, gingivitis juga ditandai oleh gejala lain. Mulai dari bau mulut tak sedap, gigi sensitif, gusi berdarah, dan lain sebagainya.

Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter saat mengalami gejala-gejala tersebut. Jika tidak, gingivitis dapat menyebabkan masalah kesehatan gigi dan gusi yang lebih parah, seperti periodontitis. Dengan melewati beberapa pemeriksaan, dokter dapat menentukan bentuk perawatan seperti apa yang Anda perlukan.

Baca Juga: Bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat sakit gigi

Infeksi

Medical News Today mengatakan bahwa infeksi, seperti herpes, dapat menyebabkan gusi Anda bengkak. Selain infeksi herpes, masih banyak bentuk infeksi jamur, virus, bakteri, atau jenis kuman lainnya yang dapat menyebabkan masalah yang sama.

Faktor Lain

Mengonsumsi jenis obat tertenti bisa jadi salah satu penyebab gusi bengkak.

Selain beberapa hal yang telah dijelaskan, gusi bengkak bisa disebabkan oleh faktor lain. Misalnya, tubuh yang kekurangan vitamin dan mineral tertentu, efek samping setelah mengonsumsi beberapa jenis obat, dan lain sebagainya. Maka dari itu, berkonsultasi dengan dokter adalah hal penting yang perlu Anda lakukan.

Selanjutnya: Tidak hanya stres, inilah 5 penyebab gusi berdarah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×