Kesehatan Umum

Tidak hanya stres, inilah 5 penyebab gusi berdarah

Jumat, 11 Juni 2021 | 08:53 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tidak hanya stres, inilah 5 penyebab gusi berdarah

ILUSTRASI. Penyebab gusi berdarah perlu Anda ketahui agar Anda bisa mendapat perawatan yang tepat. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak penyebab stres yang bisa Anda alami, baik karena fator serius atau faktor sepele. Mengetahui faktor penyebabnya akan memudahkan Anda menentukan perawatan apa yang tepat. Dengan begitu, kesehatan gigi dan mulut bisa tetap terjaga.

Mengutip dari Delta Dental (deltadentalwa.com), stres dapat mengakibatkan inflamasi pada pembuluh darah. Saat inflamasi terus berlanjut, pembuluh darah pecah sehingga gusi Anda berdarah. Stres juga mengakibatkan sistem imun tubuh menurun.

Hal itu berpengaruh pada proses penyembuhan gusi berdarah. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengelola stres dengan baik. Selain stres, masih banyak faktor lain yang bisa mengakibatkan gusi berdarah.

Alat Pembersih Gigi dan Mulut

Menjaga kebersihan gigi dan mulut menggunakan sikat gigi dan benang gigi perlu Anda lakukan. Namun, dua alat pembersih itu dapat mengakibatkan gusi berdarah, apalagi jika Anda menggunakan alat baru.

Anda tidak perlu khawatir ketika mengalami gusi berdarah karena seiring berjalannya waktu, pendarahan akan berhenti. Untuk menghindari pendarahan yang terus terjadi, cobalah untuk memakai sikat gigi yang terbuat dari bulu halus.

Baca Juga: Bahan rumahan ini bisa jadi obat untuk menghilangkan bau mulut

Makanan yang Anda Konsumsi

Salah satu penyebab gusi berdarah yang tak banyak disadari adalah makanan-makanan yang Anda konsumsi. Alih-alih mengonsumsi makanan yang tak baik untuk kesehatan gigi dan mulut, cobalah untuk memilih makanan yang lebih sehat, seperti buah dan sayur.

Buah dan sayur mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Mulai dari vitamin C, vitamin K, magnesium, vitamin D, dan lain sebagainya. Tak hanya mencegah gusi berdarah, mengonsumsi makanan sehat itu juga baik untuk kondisi tubuh yang lain.

Merokok

Merokok termasuk salah satu penyebab gusi berdarah.

Selain tak baik untuk kesehatan paru-paru, merokok juga memperburuk kondisi kesehatan gigi dan mulut, lo. Delta Dental menyebutkan bahwa merokok membuat gusi semakin sensitif sehingga mudah berdarah dan terinfeksi penyakit.

Baca Juga: Ini 3 cara mengobati gusi bengkak akibat gigi berlubang

Gingivitis

Gingivitis adalah kondisi di mana plak di sekitar gigi melukai gusi hingga mengakibatkan pendarahan.  Anda perlu segera mengobati masalah tersebut agar kesehatan gigi dan mulut tak semakin parah. Caranya dengan rajin sikat gigi, menggunakan obat kumur dan benang gigi, serta rutin kontrol ke dokter gigi.

Jenis Obat Tertentu

Penyebab gusi berdarah berikutnya adalah beberapa jenis obat yang Anda gunakan, misalnya obat pengencer darah. Jenis obat tersebut mengurangi kemampuan darah untuk menggumpal sehingga Anda lebih rentan mengalami pendarahan.

Selanjutnya: 4 Cara menghilangkan bau mulut ini efektif, apa saja?

Editor: Belladina Biananda
Terbaru