kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pakai bahan alami, cek 4 cara mengatasi gusi bengkak ini


Selasa, 20 Juli 2021 / 12:55 WIB
Pakai bahan alami, cek 4 cara mengatasi gusi bengkak ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berbagai macam cara mengatasi gusi bengkak bisa Anda coba. Salah satunya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami di sekitar Anda. Dengan begitu, inflamasi dapat mereda dan rasa sakit pun bisa berkurang.

Biasanya, gusi bengkak dibarengi dengan gusi berdarah. Apalagi saat Anda menyikat gigi terlalu kasar. Kondisi itu memang umum terjadi. Namun, jika gusi bengkak terus Anda alami dalam jangka waktu lama, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, ya.

Bahan-bahan alami ini hanya mampu mengatasi gusi bengkak dalam jangka waktu sementara. Bisa jadi gusi bengkak yang Anda alami disebabkan oleh penyakit yang lebih serius. Maka dari itu, berkonsultasi dengan dokter merupakan hal yang penting.

Jahe

Only My Health (onlymuhealth.com) mengatakan bahwa jahe adalah salah satu jenis rempah yang berguna untuk mengobati gusi bengkak. Bahan alami itu mengandung antiinflamasi dan antioksidan sehingga efektif meredakan peradangan di gusi.

Caranya, tumbuk satu jahe lalu taburkan ½ sdt garam. Setelah berbentuk pasta dengan tekstur yang sedikit kasar, aplikasikan pada bagian gusi yang bengkak dan nyeri. Diamkan dulu selama 10 menit lalu berkumurlah dengan air. Ulangi cara tersebut dua hingga tiga kali sehari hingga gusi bengkak sembuh.

Baca Juga: 4 Cara mengatasi gusi bengkak ini pakai bahan alami, lo

Air Garam

Cara mengatasi gusi bengkak selanjutnya adalah dengan memanfaatkan air garam. Air garam mampu menyeimbangkan pH dalam mulut sehingga peradangan pun dapat berkurang. Caranya, berkumurlah dengan segelas air hangat yang telah dicampur dengan 1 sdm garam.

Lemon

Jika Anda mencari cara mengatasi gusi bengkak, maka tak ada salahnya untuk mencoba lemon. Pertama, campur 1 sdm air lemon dalam segelas air. Berkumurlah dengan air tersebut dua kali sehari. Antiinflamasi, antimikroba, dan antibakteri dalam bahan alami itu mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda.

Baca Juga: 5 Cara menghilangkan gusi bengkak ini bisa dicoba di rumah

Cuka Apel

Salah satu manfaat cuka apel adalah digunakan sebagai cara mengatasi gusi bengkak.

Mengutip dari Only My Health, cuka apel juga bisa Anda gunakan untuk mengobati gusi bengkak. Sama seperti bahan alami yang lain, kandungan dalam cuka apel efektif mengurangi inflamasi dan menetralkan pH. Anda hanya perlu berkumur dengan segelas air yang dicampur dengan 1 sdt cuka apel.

Selanjutnya: 4 Cara Menghilangkan Bau Mulut, Mudah Anda Coba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×