kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Penyebab stroke yang patut diwaspadai, jangan anggap enteng


Senin, 16 Agustus 2021 / 17:47 WIB
5 Penyebab stroke yang patut diwaspadai, jangan anggap enteng


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Stroke adalah kondisi di mana aliran darah ke otak tiba-tiba berhenti. Tentu saja kondisi itu bisa menyebabkan masalah karena sel otak bisa mati saat kekurangan oksigen. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui faktor apa saja yang jadi penyebab stroke.

Melansir Web MD (webmd.com), hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor yang paing sering menyebabkan stroke. Tekanan darah dianggap terlalu tinggi jika lebih dari 140/90 mmHg.

Tak hanya hipertensi, tentu saja masih banyak faktor lain yang bisa memicu terjadinya stroke. Usahakan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter agar penyebab-penyebab ini dapat teratasi dengan baik dan tidak menimbulkan masalah yang lebih parah.

Diabetes

Diabetes juga bisa memicu terjadinya stroke, lo. Biasanya, pemilik gula darah tinggi juga memiliki berat badan berlebih. Nah, dua faktor itulah yang membuat Anda lebih berisiko mengalami stroke. Saat gula darah tinggi, kemungkinan pembuluh darah pecah dan mengalami kerusakan juga ikut bertambah.

Baca Juga: Anda penderita kolesterol? Ini 5 sayuran yang baik dikonsumsi

Merokok

Merokok atau mengunyah tembakau bisa jadi penyebab stroke. Alasannya karena nikotin yang masuk ke tubuh Anda mampu meningkatkan tekanan darah. Tidak hanya itu, senyawa yang datang dari asap rokok dapat menambah jumlah lemak dan menebalkan dinding pembuluh darah sehingga risiko stroke meningkat.

Usia dan Riwayat Kesehatan Keluarga

Web MD menyebutkan bahwa usia dan riwayat kesehatan keluarga berpengaruh pada risiko stroke yang Anda alami. Gangguan genetik mampu menyebabkan gangguan pada aliran darah di otak. Semakin bertambahnya usia, masalah kesehatan itu juga bertambah. Jadi, sebaiknya Anda perlu menerapkan pola hidup sehat.

Baca Juga: Ciri darah tinggi parah yang harus diwaspadai sejak dini

Berat Badan

Berat badan berlebih bisa jadi penyebab stroke.

Penyebab stroke lainnya yang tak boleh Anda abaikan adalah berat badan berlebih atau obesitas. Supaya berat badan ideal bisa Anda dapat dan risiko stroke menurun, cobalah untuk rutin olahraga. Anda bisa memilih jenis olahraga apa pun yang Anda sukai. Mulailah rajin olahraga dengan intensitas ringan.

Pengobatan

Anda perlu mewaspadai beberapa jenis obat yang Anda konsumsi karena bisa menyebabkan stroke. Beberapa jenis obat yang dimaksud adalah pil KB, obat pengencer darah, dan lain sebagainya. Jika Anda mengalami beberapa gejala stroke, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Selanjutnya: Jangan lagi diabaikan, inilah gejala darah tinggi parah yang banyak terjadi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×