Penyakit Menular

Covid-19 akan berubah menjadi endemik? Simak penjelasan ahli

Kamis, 18 Februari 2021 | 08:24 WIB Sumber: USA Today
Covid-19 akan berubah menjadi endemik? Simak penjelasan ahli

ILUSTRASI. Meskipun kasus Covid-19 terus menurun dan banyak warga menerima vaksinasi, virus corona sepertinya tidak akan hilang dalam waktu dekat.

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Menurut pejabat kesehatan AS, meskipun  kasus Covid-19 terus menurun dan banyak warga Amerika menerima vaksinasi, virus corona sepertinya tidak akan hilang dalam waktu dekat.

Melansir USA Today, pakar penyakit menular terkemuka AS Dr. Anthony Fauci menepis gagasan bahwa Covid-19 akan diberantas dalam beberapa tahun ke depan. Dia mengungkapkan hal tersebut dalam webinar yang diselenggarakan oleh lembaga think tank Chatham House pada bulan November.

“Kami perlu merencanakan bahwa ini adalah sesuatu yang mungkin perlu kami pertahankan secara kronis. Mungkin ada yang endemik, yang harus kita waspadai saja,” ujarnya seperti yang dilansir USA Today.

Jadi, apa itu penyakit endemik dan bagaimana Covid-19 menjadi satu kesatuan? 

Baca Juga: Jangan sepelekan! Beda dari gejala klasik, ini 7 gejala Covid-19 baru

Para ahli mengatakan ada beberapa penyakit endemik di Amerika Serikat yang dapat memberi pertanda seperti apa penyakit yang disebabkan oleh virus corona di tahun-tahun mendatang.

Arti endemik

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS  mendefinisikan endemik sebagai “keberadaan konstan dan / atau prevalensi yang biasa” dari suatu penyakit dalam suatu populasi di wilayah geografis tertentu.

Menurut Dr Donald Burke, profesor epidemiologi di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Pittsburgh, penyakit endemik menyebar pada tingkat dasar setiap tahun tanpa menyebabkan gangguan besar pada kehidupan masyarakat.

Baca Juga: Ingin menghindari infeksi Virus Corona? Lakukan 4 hal ini

“Hal-hal yang menyebabkan endemik hadir dalam jangka waktu lama tanpa gangguan, terus beredar di masyarakat seperti flu biasa," ujarnya.

Sementara itu, Dr. Pritish Tosh, seorang dokter dan peneliti penyakit menular di Mayo Clinic mengatakan, suatu penyakit dapat menjadi endemik di satu negara tetapi dapat dianggap sebagai wabah atau epidemi di negara lain.

Misalnya saja, malaria dianggap endemik di beberapa bagian dunia di mana parasit membawa nyamuk. Namun, sejumlah besar kasus malaria di Amerika Serikat akan dianggap sebagai epidemi jika tidak ditangani.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru