kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ciri-Ciri Diabetes Pada Wanita & Pria, Catat Camilan untuk Penderita Diabetes


Rabu, 08 November 2023 / 06:43 WIB
Ciri-Ciri Diabetes Pada Wanita & Pria, Catat Camilan untuk Penderita Diabetes
ILUSTRASI. Mengenali ciri-ciri diabetes pada wanita dan pria bisa mencegah komplikasi penyakit akibat gangguan kesehatan.


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Cici-Cici Diabetes Pada Wanita & Pria- Jakarta. Sambut Hari Diabetes Sedunia, masyarakat diminta memahami ciri-ciri diabetes pada wanita dan pria. Selain itu, kenali juga camilan untuk penderita diabetes.

Hari Diabetes Sedunia diperingati setiap tanggal 14 November. Hari Diabetes Sedunia bertepatan dengan kelahiran Sir Federick Banting  yang merupakan penemu insulin. 

Pencetusan Hari Diabetes Dunia pertama kali pada 1991 dilakukan oleh International Diabetes Federation (IDF) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sebagai tanggapan atas keprihatinan yang berkembang mengenai meningkatnya ancaman kesehatan akibat diabetes.

Mengenali ciri-ciri diabetes pada wanita dan pria bisa mencegah komplikasi penyakit akibat gangguan kesehatan. Apalagi, jumlah penderita diabetes di Indonesia semakin banyak.

Baca Juga: 9 Gejala Diabetes yang Sering Tidak Disadari, Kenali Sebelum Terlambat

Hal itu disampaikan Sekretaris Umum Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni), Dr. dr. Wismandari, Sp.PD-KEMD dalam konferensi pers virtual "World Diabetes Day 2022", Rabu (9/11/2022). "Data dalam negeri dari Riskesdas, 2007 (jumlah penderita diabetes) kita 'cuman' 5,7 juta," kata dr. Wismandari dilansir dari Kompas.com.

"Kemudian naik di 2013 jadi 6,9 juta, tapi di 2018 kita naiknya dahsyat sampai 10,9 juta," lanjutnya.

Ciri-ciri diabetes pada wanita dan pria

Mengingat setiap orang berisiko terkena diabetes seiring pertambahan usia, pencegahan secara dini dibutuhkan supaya mereka terhindari dari penyakit berbahaya ini. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengetahui beberapa ciri-ciri yang mengindikasikan orang berisiko mengalami diabetes.

dr. Wismandari menjelaskan, diabetes adalah penyakit yang belum bisa disembuhkan hingga hari ini. Diabetes disebabkan oleh kerja insulin yang tidak baik (resisten) atau kadar insulin yang kurang (defisiensi).

Insulin adalah hormon dalam tubuh yang mengatur kadar gula darah dan dikeluarkan oleh kelenjar pankreas. "Diabetes adalah penyakit menahun (kronis) berupa gangguan metabolik yang ditandai dengan kadar gula darah yang melebihi batas normal," kata dr. Wismandari.

Selain pengaruh insulin dalam tubuh, ia menambahkan bahwa terjadinya diabetes berkaitan dengan faktor keturunan dan pola hidup sedenter. Wismandari menerangkan, orang yang pola hidupnya sedenter biasanya kurang berolahraga dan diet yang tinggi lemak.

Dari beberapa penyebab yang sudah disebutkan, diabetes dapat menimbulkan 10 ciri-ciri. Berikut ciri-ciri diabetes pada wanita dan pria yang sering terjadi sehari-hari:

  • Mudah kelelahan
  • Sering buang air kecil
  • Berat badan turun drastis
  • Penyembuhan luka lama
  • Gairah seksual melemah
  • Sering masa lapar
  • Pandangan kabur
  • Kesemutan atau mati rasa
  • Rasa haus berlebihan
  • Infeksi vagina.

Jika mengalami ciri-ciri diabetes di atas, baik pria dan wanita harus segera menghubungi layanan kesehatan. Setelah melihat ciri-ciri diabetes tersebut, pria dan wanita harus menjalani tes darah untuk memastikannya.

Camilan untuk penderita diabetes

Penderita diabetes wajib mengubah pola makan. Sejumlah makanan yang mengandung banyak gula perlu dibatasi agar kadar gula darah tidak semakin tinggi.

Perubahan pola makan juga perlu diikuti pemilihan camilan yang tepat untuk penderita diabetes. Lalu, apa saja camilan untuk penderita diabetes?

Dilansir dari website Siloam Hospital, ada sejumlah camilan untuk penderita diabetes. Camilan untuk penderita diabetes ini bukan hanya untuk mencegah gula darah naik, tapi juga bagus untuk kesehatan.

Pasalnya, camilan penderita diabetes ini mengandung sejumlah nutrisi. Berikut camilan untuk penderita diabetes:

1. Buah Segar

Camilan penderita diabetes yang pertama adalah buah segar. Buah untuk diabetes adalah buah yang mengandung serat, vitamin, mineral dan antioksidan yang baik bagi tubuh, seperti apel, jeruk, pir, alpukat, beri-berian, dan kiwi. Dalam jumlah sesuai kebutuhan, jenis buah-buahan ini aman untuk dikonsumsi sehari-hari.

2. Cokelat Hitam

Camilan penderita diabetes yang kedua adalah cokelat hitam. Pilih jenis cokelat hitam atau dark chocolate dengan kandungan 70% kakao yang kaya polifenol sebagai sumber antioksidan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa polifenol dalam cokelat hitam ini dapat memperbaiki sensitivitas insulin, sehingga gula darah dapat lebih terkontrol.

3. Telur Rebus

Camilan penderita diabetes yang ketiga adalah telur rebus. Telur mengandung banyak protein yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dalam 1 butir telur ukuran sedang mengandung sekitar 7 gram protein yang baik bagi tubuh. Telur juga merupakan sumber kalium yang baik untuk menunjang kesehatan otot, saraf, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Namun karena kandungan kolesterol dalam kuning telur yang cukup tinggi, konsumsi berlebih bagi penderita diabetes tidak dianjurkan.

4. Greek Yogurt

Camilan penderita diabetes yang keempat adalah greek yogurt. Yogurt menjadi pilihan tepat untuk asupan karbohidrat, lemak baik, protein, dan probiotik yang aman bagi penderita diabetes. Pastikan memilih yogurt yang bebas lemak dan gula dengan memperhatikan selalu informasi nilai gizi di kemasannya.

5. Kacang-kacangan

Camilan penderita diabetes yang kelima adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan sebagai sumber protein dan serat yang baik sangat disarankan sebagai camilan untuk penderita diabetes. Beberapa contoh kacang-kacangan yang baik dikonsumsi antara lain kacang kedelai, almond, dan edamame.

Itulah berbagai ciri-ciri diabetes pada wanita dan pria beserta camilan untuk penderita diabetes. Mari menjalankan pola hidup sehat untuk mencegah diabetes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×