kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45992,69   1,09   0.11%
  • EMAS1.132.000 -0,26%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ciri-Ciri Asam Urat Di Usia Muda, Patuhi Larangan Makanan Asam Urat Ini


Senin, 01 Mei 2023 / 05:10 WIB
Ciri-Ciri Asam Urat Di Usia Muda, Patuhi Larangan Makanan Asam Urat Ini


Sumber: Kementerian Kesehatan RI,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak ciri-ciri asam urat di usia muda. Jika menemukan ciri-ciri asam urat di usia muda, jauhi larangan makanan dan minuman asam urat berikut.

Mengenal ciri-ciri asam urat di usia muda sangat penting. Dengan demikian, Anda tidak terlambat mendeteksi penyakit ini.

Dilansir dari Kompas.com, penyakit asam urat atau gout adalah radang sendi yang umum menyerang lanjut usia atau lansia, sekitar 60 tahun ke atas. Dikutip dari laman WebMD, penyakit ini akan meningkat seiring bertambahnya usia, dengan puncak pada umur 75 tahun. Kendati begitu, asam urat juga bisa menyerang orang lebih muda, termasuk dewasa, remaja, bahkan anak-anak.

Dilansir dari website Kementerian Kesehatan, penyakit asam urat disebut juga gout. Asam urat adalah salah satu jenis penyakit peradangan pada sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini dapat terjadi pada banyak sendi, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di ibu jari kaki.

Normalnya, kadar atau standar asam urat laki-laki antara 3,4 – 7,0 mg/dL. Sedangkan angka asam urat normal pada perempuan antara 2,4 – 6,0 mg/dL. Kemudian, standar asam urat pada anak-anak 2,0 – 5,5 mg/dL.

Baca Juga: Bahan Alami Ini Bisa Merontokkan Kolesterol dan Asam Urat Tinggi

Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urine. Selain itu pada kondisi tertentu, asam urat dapat menumpuk akibat tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah yang berlebihan atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat.

Kadar asam urat dalam darah yang berlebihan akan menyebabkan pembentukan kristal di sendi. Kristal ini dapat menyebabkan peradangan, sehingga penderita akan mengeluhkan gejala nyeri yang mengganggu dan bengkak pada sendi, biasanya di kaki.

Asam urat yang termasuk radang sendi sebaiknya tidak dibiarkan lantaran bisa menimbulkan sakit atau pembengkakan pada sendi. Orang yang mengalami asam urat terkadang juga sulit untuk membedakan apakah sakit yang mereka rasakan disebabkan oleh asam urat atau rematik. 

Oleh karena itu, penting untuk mengenali ciri-ciri asam urat di usia muda. Dengan demikian, penderita asam urat bisa langsung minum obat dan menghindari minuman ataupun makanan pantangan asam urat.

Lantas, apa saja ciri-ciri asam urat di usia muda?

Ciri-ciri asam urat di usia muda

Penyakit asam urat terjadi karena penumpukan kristal asam urat di persendian, sehingga memicu rasa nyeri, bengkak, dan kemerahan. Kristal asam urat sendiri terbentuk berkat kadar zat ini yang terlalu tinggi di dalam darah atau kerap disebut hiperurisemia.

Berdasarkan ulasan pada 2020, penyakit asam urat telah menyerang 696.277 orang muda antara usia 0-18 tahun di Jepang. Dari angka tersebut, sejumlah 48 orang atau sekitar 0,007 persen merupakan pasien yang masih anak-anak.

Bukan hanya itu, dilansir dari Medical News Today, sebuah penelitian turut menyampaikan bahwa asam urat dapat terjadi saat manusia baru lahir. Namun, masalah kesehatan ini menjadi penyakit yang lebih umum terjadi seiring bertambahnya usia.

Ciri-ciri asam urat yang menyerang persendian usia muda, termasuk:

1. Rasa sakit atau nyeri amat parah

Ciri-ciri asam urat di usia muda yang pertama adalah rasa sakit atau nyeri. Baik muda maupun tua, penyakit asam urat biasanya terjadi di bagian jempol kaki. Kendati begitu, asam urat dapat menyerang dan berpengaruh terhadap bagian sendi lain. Rasa sakit paling parah yang dirasakan bisa berlangsung selama 4-12 jam pertama setelah serangan asam urat pertama mulai.

2. Pembengkakan

Ciri-ciri asam urat di usia muda yang kedua adalah adanya pembengkakan. Dilansir dari Mayo Clinic, sendi yang terkena asam urat akan menjadi bengkak atau lebih besar dari ukuran sebelumnya.

3. Kemerahan

Ciri-ciri asam urat di usia muda yang ketiga adalah kulit memerah. Bukan hanya bengkak, sendi atau area persendian juga akan menjadi kemerahan dan terasa lunak saat disentuh.

4. Hangat atau panas

Ciri-ciri asam urat di usia muda yang keempat adalah sendi terasa hangat atau panas. Bagian sendi yang terserang asam urat juga akan terasa panas atau lebih hangat dibandingkan saat dalam kondisi normal.

5. Terasa kaku dan sulit bergerak

Ciri-ciri asam urat di usia muda yang kelima adalah seni terasa kaku dan sulit bergerak. Saat penyakit asam urat menyerang, penderita di usia muda kemungkinan tidak dapat menggerakkan persendian secara normal.

Larangan makanan asam urat

Larangan makanan asam urat antara lain makanan dengan tinggi purin. Larangan makanan asam urat ini meliputi, daging merah, seafood, makanan kaleng, makanan siap saji, jeroan, sayur bayam, durian, makanan tinggi gula dan makanan mengandung ragi.

Dilansir dari website resmi Siloam Hospital, jeroan termasuk larangan makanan asam urat yang wajib dipatuhi. Jeroan hewan, seperti jantung, babat, hati, usus, ampela, dan sejenisnya diketahui mengandung purin yang cukup tinggi. Maka dari itu, sebisa mungkin batasi atau bahkan hindari konsumsi jeroan terlebih ketika asam urat sedang kambuh.

Larangan minuman asam urat

Larangan minuman asam urat harus dihindari jika kadar asam urat sudah di atas normal. Pasalnya, Larangan minuman asam urat tersebut bisa menyebabkan jumlah purin semakin banyak. Walhasil, kadar asam urat di dalam darah semakin tinggi.

Mengutip Kompas.com, berikut Larangan minuman asam urat yang harus dihindari para penderitanya:

1. Minuman beralkohol

Larangan minuman asam urat yang pertama adalah minuman beralkohol. Minuman beralkohol termasuk bir mengandung purin dalam jumlah besar, menurut laman Everyday Health. Seperti diketahui, konsumsi purin baik dalam bentuk makanan maupun minuman berkaitan dengan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

Sebuah penelitian menemukan, pasien yang mengonsumsi 12 ons bir setiap hari lebih besar 1,5 kali terkena asam urat. Kondisi tersebut apabila dibandingkan dengan pasien yang tidak mengonsumsi minuman beralkohol sama sekali. Konsumsi alkohol juga dapat merusak ginjal, organ yang berperan penting dalam menyaring dan mengeluarkan asam urat dari tubuh.

2. Minuman ringan

Larangan minuman asam urat yang kedua adalah minuman ringan. Soft drink atau minuman ringan, seperti minuman bersoda, juga masuk daftar minuman pantangan bagi penderita asam urat. Hal ini tak lain karena banyaknya kandungan gula dalam satu kaleng minuman ringan.

Bahkan menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada wanita, mereka yang mengonsumsi satu kaleng minuman ringan sehari, berisiko terkena serangan asam urat. Tak main-main, risiko tersebut meningkat sebanyak dua kali lipat daripada wanita yang tidak terbiasa minum soft drink dalam rentang waktu satu bulan.

3. Sirup

Larangan minuman asam urat yang ketiga adalah sirup. Sama seperti minuman ringan, sirup adalah minuman tinggi fruktosa yang membawa dampak buruk bagi orang dengan asam urat tinggi.

Pasalnya, seperti dikutip laman Cleveland Clinic, fruktosa tinggi akan berimbas pada peningkatan produksi asam urat dalam tubuh. Dengan begitu, kadar asam urat akan semakin naik, dan penderita bisa mengalami serangan nyeri kapan pun.

4. Minuman berenergi

Larangan minuman asam urat yang keempat adalah minuman berenergi. Mengonsumsi minuman berenergi memiliki efek dan risiko sama, yakni meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh. Dampak minuman berenergi ini berkat kandungan gulanya yang amat tinggi, dan bisa meningkatkan risiko terjadinya serangan dua kali lipat lebih sering.

5. Jus dengan tambahan gula

Larangan minuman asam urat yang kelima adalah jus dengan tambahan gula. Dilansir dari laman Mayo Clinic, jus buah terutama buah dengan kandungan vitamin C adalah salah satu minuman yang baik dikonsumsi penderita asam urat. Sebab, sumber vitamin C seperti buah jeruk dapat membantu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh.

Sayangnya, buah yang diolah menjadi jus terkadang ditambah dengan banyak gula untuk menambah rasa manis. Tambahan gula inilah yang tak baik dan berpotensi memperburuk kondisi penyakit asam urat yang diderita.

Itulah ciri-ciri asam urat di usia muda yang perlu dikenali. Hindari larangan makanan dan minuman asam urat jika sudah ada ciri-ciri asam urat di kaki dan tangan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×