kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ciri-Ciri Asam Urat di Kaki & Tangan, Cek Minuman Pantangan Asam Urat


Kamis, 27 April 2023 / 06:33 WIB
Ciri-Ciri Asam Urat di Kaki & Tangan, Cek Minuman Pantangan Asam Urat
ILUSTRASI. Ciri-Ciri Asam Urat di Kaki & Tangan, Cek Minuman Pantangan Asam Urat


Sumber: Kementerian Kesehatan RI,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak ciri-ciri asam urat di kaki dan tangan. Jika Anda memiliki asam urat, berikut minuman pantangan penderita asam urat.

Ciri-ciri asam urat dapat di kaki dan tangan. Ciri-ciri asam urat tersebut akan terlihat jika kadar asam urat di dalam darah jauh di atas normal.

Dilansir dari website Kementerian Kesehatan, penyakit asam urat disebut juga gout. Asam urat adalah salah satu jenis penyakit peradangan pada sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini dapat terjadi pada banyak sendi, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di ibu jari kaki.

Normalnya, kadar atau standar asam urat laki-laki antara 3,4 – 7,0 mg/dL. Sedangkan angka asam urat normal pada perempuan antara 2,4 – 6,0 mg/dL. Kemudian, standar asam urat pada anak-anak 2,0 – 5,5 mg/dL.

Baca Juga: Bahan Alami Ini Bisa Merontokkan Kolesterol dan Asam Urat Tinggi

Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urine. Selain itu pada kondisi tertentu, asam urat dapat menumpuk akibat tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah yang berlebihan atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat.

Kadar asam urat dalam darah yang berlebihan akan menyebabkan pembentukan kristal di sendi. Kristal ini dapat menyebabkan peradangan, sehingga penderita akan mengeluhkan gejala nyeri yang mengganggu dan bengkak pada sendi, biasanya di kaki.

Asam urat yang termasuk radang sendi sebaiknya tidak dibiarkan lantaran bisa menimbulkan sakit atau pembengkakan pada sendi. Orang yang mengalami asam urat terkadang juga sulit untuk membedakan apakah sakit yang mereka rasakan disebabkan oleh asam urat atau rematik. 

Oleh karena itu, penting untuk mengenali ciri-ciri asam urat di kaki dan tangan. Dengan demikian, penderita asam urat bisa langsung minum obat dan menghindari minuman ataupun makanan pantangan asam urat.

Dilansir dari Kompas.com, berikut ciri-ciri asam urat di tangan dan di kaki: 

Ciri-ciri asam urat di tangan 

Menurut Medical News Today, asam urat sering kali memengaruhi persendian dan sewaktu-waktu dapat menyerang tangan. Pembengkakan akibat kondisi ini dapat berlangsung hingga dua minggu, tetapi gejalanya dapat berkembang dengan cepat secara tiba-tiba. 

Begitu pula dengan penyembuhan, proses pemulihan dari asam urat dapat terjadi dengan sendirinya walau tidak diobati. 

Orang yang pernah terkena asam urat biasanya memasuki periode remisi selama berminggu-minggu atau bertahun-tahun. 

Selama periode itu, mereka mungkin saja tidak merasakan tanda-tanda asam urat tapi kondisi ini dapat berlangsung lama jika tidak diobati. 

Baca Juga: 5 Buah yang Harus Dihindari Saat Akan Minum Obat, Bisa Berakibat Fatal

Apabila asam urat menyerang tangan, muncul beberapa ciri-ciri yang kerap dirasakan, yakni: 

- Pembengkakan 
- Perubahan warna kulit 
- Terasa panas 
- Rasa sakit yang luar biasa.

Ciri-ciri asam urat di kaki 

Menurut Foot Doc, asam urat juga menyebabkan rasa sakit pada persendian lain, seperti kaki. Salah satu bagian pada kaki yang sering kali terkena asam urat adalah jempol kaki dan kondisi ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter supaya tidak terjadi komplikasi lainnya. 

Dalam hal ini, asam urat kerap menyerang wanita yang memasuki fase menopause dan laki-laki berusia 30 tahun. Asam urat yang menyerang kaki dapat menimbulkan beberapa ciri-ciri seperti berikut: 

- Kulit terasa hangat atau lembut ketika disentuh 
- Pembengkakan
- Rasa nyeri luar biasa 
- Kulit kemerahan 

Minuman pantangan asam urat

Minuman pantangan asam urat harus dihindari jika kadar asam urat sudah di atas normal. Pasalnya, minuman pantangan asam urat tersebut bisa menyebabkan jumlah purin semakin banyak. Walhasil, kadar asam urat di dalam darah semakin tinggi.

Mengutip Kompas.com, berikut minuman pantangan asam urat yang harus dihindari para penderitanya:

1. Minuman beralkohol

Minuman pantangan asam urat yang pertama adalah minuman beralkohol. Minuman beralkohol termasuk bir mengandung purin dalam jumlah besar, menurut laman Everyday Health. Seperti diketahui, konsumsi purin baik dalam bentuk makanan maupun minuman berkaitan dengan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

Sebuah penelitian menemukan, pasien yang mengonsumsi 12 ons bir setiap hari lebih besar 1,5 kali terkena asam urat. Kondisi tersebut apabila dibandingkan dengan pasien yang tidak mengonsumsi minuman beralkohol sama sekali. Konsumsi alkohol juga dapat merusak ginjal, organ yang berperan penting dalam menyaring dan mengeluarkan asam urat dari tubuh.

2. Minuman ringan

Minuman pantangan asam urat yang kedua adalah minuman ringan. Soft drink atau minuman ringan, seperti minuman bersoda, juga masuk daftar minuman pantangan bagi penderita asam urat. Hal ini tak lain karena banyaknya kandungan gula dalam satu kaleng minuman ringan.

Bahkan menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada wanita, mereka yang mengonsumsi satu kaleng minuman ringan sehari, berisiko terkena serangan asam urat. Tak main-main, risiko tersebut meningkat sebanyak dua kali lipat daripada wanita yang tidak terbiasa minum soft drink dalam rentang waktu satu bulan.

3. Sirup

Minuman pantangan asam urat yang ketiga adalah sirup. Sama seperti minuman ringan, sirup adalah minuman tinggi fruktosa yang membawa dampak buruk bagi orang dengan asam urat tinggi.

Pasalnya, seperti dikutip laman Cleveland Clinic, fruktosa tinggi akan berimbas pada peningkatan produksi asam urat dalam tubuh. Dengan begitu, kadar asam urat akan semakin naik, dan penderita bisa mengalami serangan nyeri kapan pun.

4. Minuman berenergi

Minuman pantangan asam urat yang keempat adalah minuman berenergi. Mengonsumsi minuman berenergi memiliki efek dan risiko sama, yakni meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh. Dampak minuman berenergi ini berkat kandungan gulanya yang amat tinggi, dan bisa meningkatkan risiko terjadinya serangan dua kali lipat lebih sering.

5. Jus dengan tambahan gula

Minuman pantangan asam urat yang kelima adalah jus dengan tambahan gula. Dilansir dari laman Mayo Clinic, jus buah terutama buah dengan kandungan vitamin C adalah salah satu minuman yang baik dikonsumsi penderita asam urat. Sebab, sumber vitamin C seperti buah jeruk dapat membantu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh.

Sayangnya, buah yang diolah menjadi jus terkadang ditambah dengan banyak gula untuk menambah rasa manis. Tambahan gula inilah yang tak baik dan berpotensi memperburuk kondisi penyakit asam urat yang diderita.

Itulah ciri-ciri asam urat di kaki dan tangan yang perlu dikenali sejak dini. Hindari minuman pantangan asam urat jika sudah ada ciri-ciri asam urat di kaki dan tangan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×