kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apakah Terong Menyebabkan Asam Urat? Simak Cara Mengobati Asam Urat Di Kaki & Tangan


Selasa, 18 April 2023 / 08:56 WIB
Apakah Terong Menyebabkan Asam Urat? Simak Cara Mengobati Asam Urat Di Kaki & Tangan
ILUSTRASI. Apakah Terong Menyebabkan Asam Urat? Simak Cara Mengobati Asam Urat Di Kaki & Tangan


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Apakah terong menyebabkan asam urat? Simak cara mengobati asam urat pada kaki dan tangan agar penyakit tersebut tidak kambuh lagi.

Ada pertanyaan di masyarakat "apakah terong menyebabkan asam urat?". Hal ini karena terong mengandung solanin yang diperkirakan bisa memperparah nyeri dan peradangan sendi pengidap asam urat.

Oleh karena itu, sebagian masyarakat menyarankan penderita asam urat menjauhi terong. Karena dikhawatirkan terong memperparah penyakit asam urat tersebut.

Lalu, apakah benar terong menyebabkan asam urat?

Merujuk Buku Saku Kader Pengontrolan Asam Urat di Masyarakat Cetakan II yang diterbitkan UGM Yogyakarta, persepsi masyarakat tersebut salah. Terong bukan termasuk sayur dan buah yang bisa menyebabkan asam urat.

Baca Juga: Aturan Tepat Konsumsi Bawang Putih agar Efektif Menurunkan Asam Urat Tinggi

Masih dari sumber yang sama, sayuran yang bisa menyebabkan asam urat adalah kacang-kacangan. Itu terutama kacang hijau, kacang tanah, dan kedelai.

Meski demikian, penderita asam urat tetap diperbolehkan konsumsi kacang-kacangan tersebut dengan jumlah terbatas. Maksimal konsumsi kacang-kacangan bagi penderita asam urat adalah 25 gram/hari atau 2 sendok makan.

Sayuran lain bisa menyebabkan asam urat adalah Bayam, Buncis, Jamur dan Kapri. Kemudian, sayuran Kembang kol, Asparagus, Kangkung, Kacang polong, dan daun/biji melinjo juga bisa menyebabkan asam urat.

Penderita asam urat boleh konsumsi bayam, buncis, dll tersebut maksimal 100 gram/hari atau 6 sendok sayur.

Sebaliknya, penderita asam urat malah disarankan makan sayur terong. Selain terong, sayur yang perlu dikonsumsi penderita asam urat antara lain ,
oyong, ketimun, labu, jagung, ubi, kentang, singkong, pare, tomat, selada, lobak, wortel dan labu siam.

Penderita asam urat disarankan konsumsi sayur-sayuran itu minimal 400 gram per hari.

Cara mengobati asam urat di kaki dan tangan

Mengutip website resmi Ciputra Hospital, asam urat adalah senyawa yang terdapat di dalam tubuh. Sayangnya bila dihasilkan terlalu berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Untuk mengobati asam urat di kaki dan tangan, lakukan cara sebagai berikut

1. Mengkonsumsi Obat-obatan Khusus Asam Urat

Cara mengobati asam urat di kaki dan tangan yang pertama adalah minum obat asam urat. Dokter biasanya memberikan beberapa resep untuk mengurangi gejala asam urat yang Anda alami. Obat-obatan asam urat tersebut termasuk obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID) seperti aspirin dan ibuprofen, colchicine, dan kortikosteroid.

Ketiga obat ini memiliki fungsi yang hampir serupa untuk mengurangi rasa sakit, peradangan akibat penyakit asam urat, serta mengontrol gejala apabila asam urat Anda tiba-tiba kambuh. Sementara obat-obatan lain dapat menyesuaikan berdasarkan kondisi kesehatan dan kebutuhan Anda. Jika Anda sudah memperoleh obat, segera konsumsi obat sesuai anjuran dokter untuk proses pemulihan yang lebih efektif.

2. Menghindari Makanan yang Mengandung Purin

Cara mengobati asam urat di kaki dan tangan yang kedua adalah menghindari makanan mengandung purin. Purin adalah senyawa kimia yang menyebabkan asam urat jika jumlahnya berlebihan di dalam tubuh.

Asam urat dapat terbentuk ketika senyawa purin dipecah dalam sistem pencernaan. Makan terlalu banyak purin akan menyebabkan penumpukan asam urat dalam tubuh. Jika asam urat menumpuk dapat membentuk kristal urat yang menyebabkan rasa sakit, pembengkakan, dan peradangan pada sendi atau jaringan di sekitarnya.

Oleh karena itu, penting bagi Anda membatasi makanan yang mengandung purin dalam jumlah tinggi, seperti daging babi asap, daging sapi muda, hati, daging rusa, teri, sarden, kerang, ikan haring, dan kerang. Jadi, mengurangi dan membatasi makanan yang mengandung purin dapat membantu mengurangi gejala asam urat Anda.

3. Membatasi Konsumsi Alkohol

Cara mengobati asam urat di kaki dan tangan yang ketiga adalah jangan minum alkohol. Alkohol mengandung senyawa organik yang disebut purin yang bila dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu asam urat.

Senyawa purin yang masuk secara berlebihan dapat mengendap dan menumpuk di dalam tubuh. Ketika tubuh gagal mengolahnya, maka dapat menyebabkan asam urat.

Para dokter dan ahli juga merekomendasikan untuk orang-orang yang sudah sakit atau berisiko terkena asam urat untuk mengurangi jumlah konsumsi hariannya. Hal ini berguna untuk mencegah munculnya asam urat secara tiba-tiba.

4. Menempelkan Es atau Air dingin

Cara mengobati asam urat di kaki dan tangan yang keempat adalah menempelkan es atau air dingin. Tempelkan es yang sudah ditutup kain pada bagian sendi yang terasa sakit.

Cara ini dianggap cukup ampuh, untuk mengurangi rasa sakit dan mengurangi peradangan akibat asam urat. Cara pengobatannya dengan mengambil potongan es yang sudah Anda bungkus dengan selembar kain atau handuk tipis. Kemudian, tempelkan es tersebut selama 20-30 menit di bagian yang Anda butuhkan. Anda dapat mencobanya beberapa kali, sampai rasa sakitnya mereda.

5. Minum Cukup Air Putih

Cara mengobati asam urat di kaki dan tangan yang kelima adalah perbanyak minum air putih. Merujuk Buku Saku Kader Pengontrolan Asam Urat di Masyarakat Cetakan II yang diterbitkan UGM Yogyakarta, konsumsi cukup air putih bisa membantu pengeluaran kelebihan asam urat sehingga dapat mencegah pengendapan asam urat pada sendi maupun ginjal.

Cobalah untuk rutin konsumsi air putih yang cukup, hal ini untuk menghindarkan Anda dari kekurangan cairan/ dehidrasi karena sensitivitas Anda terhadap rasa haus mulai berkurang.

Untuk laki-laki usia 19-64 tahun, harus minum air putih minimal 2500 ml per hari. Sedangkan perempuan usia 19-64 tahun harus konsumsi air putih minimal 2.350 ml per hari.

6. Melakukan Diet Seimbang

Cara mengobati asam urat di kaki dan tangan yang keenam adalah menjalani diet seimbang. Lakukan diet untuk membatasi makanan yang dapat memicu masalah asam urat, dan menggantinya dengan makanan padat nutrisi dan makanan yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh Anda.

Salah satu diet yang dapat Anda coba, yakni diet nabati. Ini merupakan diet khusus yang dikembangkan, salah satunya untuk penderita asam urat. Konsumsi banyak buah dan sayuran yang kaya antioksidan dapat mengurangi gejala asam urat.

Jenis makanan lainnya, juga dapat coba Anda diskusikan dengan dokter kepercayaan Anda. Dokter biasanya memiliki beberapa daftar makanan dan minuman yang perlu Anda hindari atau yang perlu Anda konsumsi. Selain itu, pastikan Anda untuk membatasi juga konsumsi makanan dan minuman manis. Jenis makanan manis, juga dapat memperburuk gejala asam urat Anda.

7. Melakukan Olahraga Secara Teratur

Cara mengobati asam urat di kaki dan tangan yang ketujuh adalah olahraga teratur. Rutin melakukan olahraga dan aktivitas fisik dapat membantu Anda menjaga berat badan yang ideal. Berat badan yang terjaga dan sehat, dapat mengurangi munculnya risiko asam urat. Anda dapat memilih berbagai jenis olahraga yang ringan agar tidak memberikan tekanan terlalu berat pada sendi tubuh, seperti berjalan, bersepeda, berenang, atau aktivitas lain yang ramah untuk sendi.

Penyakit asam urat tentu menyakitkan dan membuat aktivitas menjadi terganggu. Perawatan termasuk obat-obatan dan perubahan gaya hidup dapat membantu Anda mengurangi gejala dan mencegah penyakit asam urat menjadi kambuh. Jika penyakit asam urat Anda tidak mereda bahkan setelah 48 jam, segera hubungi rumah sakit terdekat untuk pemeriksaan dan perawatan medis lebih lanjut. Tetap jaga kesehatan tubuh Anda, dan sampai jumpa kembali di artikel kesehatan lainnya.

Itulah jawaban dari "apakah terong menyebabkan asam urat" dan cara mengobati asam urat di kaki dan tangan. Jika sakit berlanjut segera hubungi dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×