kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cek 10 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?


Kamis, 09 November 2023 / 13:26 WIB
Cek 10 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?
ILUSTRASI. Manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Temulawak - Banyak manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh menarik untuk diketahui. Selain itu, manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh juga telah teruji secara klinis.

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) adalah tumbuhan herbal yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional di Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara.

Temulawak memiliki akar yang kaya akan senyawa aktif, terutama kurkuminoid dan minyak atsiri, yang memberikan banyak manfaat kesehatan. 

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris 2023-2024 Pekan 12 Ada Laga Arsenal vs Burnley

Melansir dari Healthline, berikut beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh:

1. Antiinflamasi

Kurkuminoid dalam temulawak memiliki sifat antiinflamasi yang kuat. Mereka membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, sehingga bermanfaat bagi individu yang menderita penyakit peradangan seperti arthritis, radang sendi, atau bahkan penyakit autoimun.

Baca Juga: Jadwal La Liga Spanyol 2023-2024 Pekan 13 Barcelona vs Alaves

2. Antioksidan

Temulawak mengandung senyawa antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan konsumsi temulawak, Anda dapat membantu mencegah penuaan dini dan berbagai penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

3. Peningkatan Fungsi Hati

Temulawak juga diketahui membantu meningkatkan fungsi hati. Senyawa aktif dalam temulawak bekerja sebagai hepatoprotektor, melindungi sel-sel hati dari kerusakan dan membantu mengatasi gangguan hati seperti sirosis dan hepatitis.

Baca Juga: Prediksi Persija Jakarta vs Persikabo 1973 dan Jadwal BRI Liga 1 2023-2024

4. Penyembuhan Luka

Minyak atsiri yang terkandung dalam temulawak memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi, sehingga dapat digunakan untuk membantu menyembuhkan luka dengan lebih cepat dan mencegah infeksi.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kurkuminoid dalam temulawak dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan memperkuat pertahanan tubuh, Anda lebih mampu melawan infeksi dan penyakit.

Baca Juga: Persib Bandung Ditahan Imbang Arema FC 2-2

6. Mendukung Pencernaan

Temulawak juga digunakan untuk meredakan masalah pencernaan seperti gangguan lambung, mual, dan muntah. Senyawa dalam temulawak merangsang produksi empedu, yang membantu dalam pencernaan lemak.

7. Mengurangi Resiko Kanker

Kurkuminoid dalam temulawak telah dikaitkan dengan kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan mengurangi resiko terjadinya beberapa jenis kanker, terutama kanker usus dan kanker payudara.

Baca Juga: 7 Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsi Rumput Laut

8. Manajemen Diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa temulawak dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh, sehingga berguna dalam manajemen diabetes.

9. Menjaga Kesehatan Jantung

Konsumsi temulawak dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan mencegah penggumpalan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Baca Juga: Kenali 10 Manfaat Teh Hitam Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

10. Antioksidan untuk Kulit

Masker wajah atau krim perawatan kulit yang mengandung temulawak dapat membantu mengurangi kerutan dan meremajakan kulit, karena sifat antioksidannya.

Meskipun temulawak memiliki banyak manfaat kesehatan, penting untuk konsultasi dengan tenaga medis sebelum menggunakannya sebagai pengobatan, terutama jika Anda memiliki kondisi medis yang sudah ada. Selain itu, pastikan untuk mengonsumsi temulawak dalam dosis yang tepat, karena konsumsi berlebihan dapat menyebabkan efek samping. 

Temulawak dapat digunakan dalam berbagai bentuk, seperti kapsul, serbuk, minyak, atau bahkan segar sebagai bahan makanan. Jika digunakan dengan benar, temulawak dapat menjadi aset berharga dalam menjaga kesehatan tubuh dan mendukung kualitas hidup yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×