kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%

12 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan yang Terbukti Klinis


Jumat, 18 Agustus 2023 / 10:39 WIB
12 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan yang Terbukti Klinis
ILUSTRASI. Manfaat temulawak yang cukup populer adalah dapat menambah nafsu makan pada anak-anak.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Ada banyak sekali manfaat temulawak untuk kesehatan. Itu sebabnya, tumbuhan dengan nama latin Curcuma xanthorrhiza kerap dijadikan bahan untuk obat herbal atau jamu. 

Temulawak mengandung zat kuning kurkumin, minyak asiri, pati, protein, lemak, selulosa, dan mineral. Kandungan tersebut membuat khasiat temulawak sebagai obat telah lama dikenal, baik di Indonesia maupun luar negeri. 

Selain itu, penelitian mengenai manfaat temulawak untuk kesehatan juga telah banyak dilakukan sehingga tanaman ini menjadi suatu fitofarmaka. 

Baca Juga: Daun Kelor Bisa Bantu Rontokkan Diabetes & Kolesterol, Abaikan Rasa Pahitnya

Fitofarmaka adalah obat tradisional yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji praklinik pada hewan percobaan dan uji klinik padfa manusia dengan standar tertentu. 

Beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan yakni mengobati gangguan fungsi hati atau liver, baik pada hepatitis maupun perlemakan hati. 

Sebagai obat gangguan hati, khasiat temulawak bekerja sebagai kolagoga, yakni meningkatkan produksi dan sekresi empedu, menurunkan kadar kolesterol hati, dan mengaktifkan enzim pemecah lemak hati.

Selain itu, apa saja manfaat temulawak untuk kesehatan? 

Baca Juga: Makanan Ringan Penurun Kolesterol, Cek Ramuan Penurun Kolesterol Dari Bahan Alami

Manfaat temulawak

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Bisa Menambah Nafsu Makan

Berikut ini sederet khasiat temulawak sebagaimana dikutip dari jurnal yang berjudul "Javanese Turmeric (Curcuma xanthorrhiza Roxb.)" dan buku "Khasiat & Manfaat Temulawak: Rimpang Penyembuh Aneka Penyakit":

1. Mengobati radang sendi, rematik, dan artritis rematik

Manfaat temulawak juga bisa digunakan sebagai obat anti-inflamasi atau antiradang. Melalui aktivitas anti-inflamasinya, temulawak efektik untuk mengobati penyakit radang sendi, rematik, atau artritis rematik. 

Khasiat temulawak yakni sebagai anti-inflamasi terutama dengan adanya senyawa Germacrone. Kemampuan anti-inflamasi tumbuhan ini juga terkait dengan kandungan kurkuminoidnya terutama Kurkumin. 

Kurkumin memiliki sifat antiinflamasi yang lebih kuat daripada turunan kurkuminoid lainnya. Selain itu, kemampuan anti inflamasi temulawak juga disebabkan oleh Xanthorrhizol.

Baca Juga: 5 Makanan dan 5 Herbal Perontok Asam Urat, Tak Perlu Beli Obat

2. Mencegah kerusakan hati

Khasiat temulawak salah satunya yakni berfungsi untuk antioksidan, terutama terkait kesehatan hati. Hal ini lantaran temulawak memiliki mekanisme hepatoprotektif. 

Mekanisme hepatoprotektif pada temulawak disebabkan karena kandungan kurkumin sebagai antioksidan. Sebagai antioksidan, kurkumin bisa efektif melawan radikal bebas yang berasal dari peradangan di hati. 

Dengan demikian, antioksidan yang bersumber dari temulawak efektif mencegah kerusakan sel hati semakin parah.

3. Menurunkan kadar kolesterol total 

Manfaat temulawak juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol total melalui aktivitas hipokolesterolemiknya. 

Selain itu, temulawak juga mengandung kurkuma dan flavonoid yang memberikan efek penurun kolesterol dan tekanan darah.  

Baca Juga: Cara Membuat Makanan Pelancar ASI, Calon Ibu Menyusui Wajib Paham

4. Menambah nafsu makan

Manfaat temulawak yang cukup populer adalah dapat menambah nafsu makan pada anak-anak. Kandungan atsiri dalam temulawak bermanfaat meningkatkan nafsu makan. 

Selain itu, senyawa kurkumin pada temulawak mampu mengosongkan lambung sehingga anak akan merasa lebih cepat lapar. 

Maka dari itu, orangtua dapat memberikan temulawak sebagai obat penambah nafsu makan anak. 

5. Manfaat temulawak untuk kulit dan jerawat

Sementara dalam dunia kecantikan, manfaat temulawak untuk kulit digunakan sebagai antijerawat. Temulawak mempunyai sifat astringen. 

Sifat ini menyebabkan terjadinya oedema pada muara folikel rambut atau pori-pori kulit, sehingga secara tidak langsung akan mengurangi sekresi sel sebasea. 

Daya antiseptik ringan yang dimiliki temulawak dapat membantu membersihkan kulit dari bakteri-bakteri patogen, sehingga radang jerawat berangsur-angsur membaik, mengering, dan akhirnya sembuh. 

Baca Juga: Diet Mediterania Efektif Mengatasi Asam Lambung Tinggi?

6. Meningkatkan stamina

Temulawak memiliki khasiat yang baik untuk stamina tubuh. 

Kandungan temulawak yang tinggi akan antioksidan baik untuk dikonsumsi secara rutin karena dapat membantu memerangi radikal bebas dan meningkatkan stamina tubuh.

Radikal bebas adalah sebutan untuk sel-sel rusak yang dapat menyebabkan dampak negatif pada tubuh. 

Manfaat Temulawak untuk Kulit Bisa Mengobati Jerawat

7. Sebagai obat diuretik alami 

Manfaat temulawak lainnya juga bisa sebagai obat antidiuretik alami. Diuretik adalah zat yang membantu membersihkan tubuh dari garam dan air, sehingga tidak terjadi penumpukan cairan di dalam tubuh. 

Zat ini memicu ginjal untuk membuang lebih banyak natrium melalui urin. Diuretik bermanfaat untuk membantu mencegah dan mengobati masalah kesehatan, seperti gagal jantung, gagal hati, pembengkakan edema, dan masalah pada ginjal. 

Baca Juga: Daftar Bahan Alami yang Efektif Melumpuhkan Asam Lambung Tinggi  

8. Mengobati maag

Manfaat temulawak untuk lambung juga bisa membantu mengobati maag. Untuk mengatasi sakit maag, ambil satu rimpang temulawak lalu diiris tipis-tipis dan diangin-anginkan sebentar. 

Setelah itu, rebus dengan lima gelas air hingga mendidih. Biarkan agak dingin, kemudian disaring dan minum sehari segelas secara teratur. 

9. Anti-kanker

Beberapa studi melakukan penelitian terhadap 180 ekor tikus dengan menggunakan beberapa senyawa dari temulawak yakni Atlantone, α-curcumene, ar-Turmerone, dan Xanthorrhizol.

Tiga senyawa (α-curcumene, ar-turmerone, dan xanthorrhizol) dari penelitian ini menunjukkan aktivitas antitumor yang signifikan.

Sedangkan Xanthorrhizol secara signifikan menekan bintik tumor di jaringan paru-paru dan perkembangan massa tumor intra-abdominal. 

Namun, penelitian di atas bukanlah penelitian pertama yang melaporkan kemampuan Xanthorrhizol dari temulawak. Studi sebelumnya juga menunjukkan bahwa Xanthorrhizol mampu menghambat pertumbuhan kanker serviks dan kanker hati.

Baca Juga: 11 Bahan Alami yang Efektif Menurunkan Asam Lambung Tinggi

10. Obat diabetes

Manfaat temulawak untuk kesehatan yang sudah diteliti adalah sebagai obat dari diabetes. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa ekstrak temulawak bisa efektif menurunkan kadar glukosa dan trigliserida.

Dalam sebuah studi menggunakan tikus obesitas yang diinduksi diet tinggi lemak menemukan bahwa ekstrak Xanthorrhizol dan C. xanthorrhiza bisa sangat menekan kandungan glukosa darah postprandial pada tikus obesitas.

11. Antibakteri, Antijamur, dan Anti-insektisida

Manfaat temulawak juga bisa membunuh sejumlah bakteri jahat dan jamur. Sebuah studi mengamati efek ekstrak temulawak pada berbagai macam bakteri patogen. 

Patogen yang diuji dapat menyebabkan beberapa penyakit serius seperti plak gigi, penyakit kulit, penyakit menular, pneumonia, dan tuberkulosis.

Baca Juga: Cara Konsumsi Temulawak agar Efektif Meredakan Asam Lambung Tinggi

Lalu nekrosis pulpa, diare, tifus, jerawat, infeksi nosokomial, infeksi jamur berfilamen, infeksi pada kuku, dan penicilliosis. Hasilnya, ekstrak temulawak yang dicampur dengan minyak atsiri terbukti berpotensi menghambat atau membunuh mikroba patogen. 

Kemampuan anti-mikroba pada khasiat temulawak lantaran kandungan senyawa fenoliknya terutama Xanthorrhizol dan Kurkuminoid sebagai bahan utamanya. 

Senyawa fenolik dilaporkan memiliki reaksi penghambatan pada dinding sel atau membran mikroba dengan mengubah permeabilitas selnya, mengakibatkan hilangnya molekul esensial seperti ATP, RNA, protein, dan DNA.

Baca Juga: Coba Konsumsi Rutin, Sederet Buah Ini Bisa Membantu Menurunkan Asam Urat

12. Anti-peradangan

Manfaat temulawak untuk kesehatan berikutnya terkait dengan anti-peradangan. Kemampuan anti-inflamasi ekstrak temulawak telah lama diteliti pada tikus di laboratorium.

Itulah sederet manfaat temulawak untuk kesehatan. 

Jadi dengan segudang khasiatnya, tak perlu lagi ragu untuk mengonsumsi temulawak, baik sebagai jamu atau juga bisa mencampurkannya pada menu makanan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mudah Menagih Hutang Penyusunan Perjanjian & Pengikatan Jaminan Kredit serta Implikasi Positifnya terhadap Penanganan Kredit / Piutang Macet

[X]
×