kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,41   -2,46   -0.24%
  • EMAS1.131.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 10 Manfaat Teh Hitam Untuk Kesehatan yang Luar Biasa


Rabu, 08 November 2023 / 13:06 WIB
Kenali 10 Manfaat Teh Hitam Untuk Kesehatan yang Luar Biasa
ILUSTRASI. Manfaat teh hitam untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Teh Hitam - Banyak manfaat teh hitam untuk kesehatan tubuh yang luar biasa dan menarik diketahui. Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi teh hitam juga perlu diperhatikan untuk bisa memaksimalkan manfaat teh hitam tersebut.

Teh hitam adalah minuman yang populer di seluruh dunia dan telah dikenal selama berabad-abad karena rasa dan manfaat kesehatannya. 

Teh hitam berasal dari daun Camellia sinensis yang mengalami oksidasi lebih lanjut dibandingkan dengan teh hijau, teh putih, atau teh oolong. Oksidasi ini memberikan teh hitam warna, aroma, dan rasa yang khas, serta sejumlah manfaat kesehatan yang menarik. 

Baca Juga: Catat 6 Cara Menurunkan Asam Urat Tinggi Alami yang Ampuh untuk Dijadikan Alternatif

Melansir dari Healthline, berikut beberapa manfaat teh hitam untuk kesehatan tubuh:

1. Kaya akan antioksidan

Teh hitam mengandung sejumlah besar antioksidan, terutama polifenol. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada berbagai penyakit, termasuk kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga: Jadi Simbol Palestina, Ini 8 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Tubuh

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Studi telah menunjukkan bahwa konsumsi teh hitam secara teratur dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Komponen-komponen teh hitam, seperti flavonoid, dapat membantu mengendalikan tekanan darah, meningkatkan fungsi pembuluh darah, dan mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat).

3. Mendukung penurunan berat badan

Teh hitam mengandung senyawa yang dapat membantu meningkatkan metabolisme dan membakar lemak dalam tubuh. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi teh hitam dapat membantu dalam program penurunan berat badan.

Baca Juga: Jadwal SIM Keliling Kota Bandung Rabu 8 November 2023, Simak Ya!

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Teh hitam mengandung senyawa seperti tannin, yang dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan, mengurangi peradangan, dan mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya dalam sistem pencernaan.

5. Meningkatkan konsentrasi dan fokus

Kandungan kafein dalam teh hitam dapat membantu meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Ini dapat membantu meningkatkan produktivitas dan fokus Anda saat bekerja atau belajar.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2023-2024: Ada Laga Persik vs Madura United

6. Menyehatkan kulit

Antioksidan dalam teh hitam dapat membantu melawan penuaan kulit dan menjaga kulit Anda tetap sehat. Teh hitam juga bisa digunakan secara topikal untuk meredakan peradangan kulit atau kantung mata.

7. Meningkatkan fungsi otak

Teh hitam mengandung asam amino L-theanine, yang dapat meningkatkan aktivitas gelombang otak alfa. Ini dapat membantu meningkatkan relaksasi dan kewaspadaan mental, serta mengurangi stres.

Baca Juga: Prediksi Man United vs Luton dan Jadwal Liga Inggris 2023-2024 Pekan 12

8. Meningkatkan kesehatan tulang

Teh hitam mengandung mineral seperti fluoride, magnesium, dan kalsium yang penting untuk kesehatan tulang. Konsumsi teh hitam secara teratur dapat membantu memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.

9. Menurunkan risiko kanker

Antioksidan dalam teh hitam, terutama katekin, dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker. Studi juga menunjukkan bahwa konsumsi teh hitam dapat berhubungan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker.

Baca Juga: Prediksi Arsenal vs Sevilla dan Jadwal Liga Champions 2023-2024 Pekan 4

10. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Teh hitam dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga tubuh lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit.
Meskipun teh hitam memiliki banyak manfaat kesehatan, penting untuk mengonsumsinya dengan bijak. Konsumsi berlebihan teh hitam, terutama yang sangat kaya kafein, bisa menyebabkan efek samping seperti insomnia, kecemasan, dan masalah pencernaan. Disarankan untuk membatasi asupan teh hitam jika Anda memiliki sensitivitas terhadap kafein.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Outlook 2024, Meneropong saham unggulan di Tahun Politik The Coughing Dragon | Global Market Series - China

[X]
×