kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.404.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.195
  • IDX 7.294   -26,58   -0,36%
  • KOMPAS100 1.142   -7,10   -0,62%
  • LQ45 920   -3,25   -0,35%
  • ISSI 218   -1,41   -0,64%
  • IDX30 460   -1,72   -0,37%
  • IDXHIDIV20 554   -0,98   -0,18%
  • IDX80 128   -0,53   -0,41%
  • IDXV30 130   0,41   0,32%
  • IDXQ30 155   -0,33   -0,21%

Cegah Diabetes, Bantu Atasi Demam Berdarah hingga Kolesterol, 10 Manfaat Buah Jambu


Sabtu, 06 April 2024 / 08:14 WIB
Cegah Diabetes, Bantu Atasi Demam Berdarah hingga Kolesterol, 10 Manfaat Buah Jambu
Cegah Diabetes, Bantu Atasi Demam Berdarah hingga Kolesterol, 10 Manfaat Buah Jambu.


Penulis: Mega Putri

KONTAN.CO.ID - Jambu air atau jambu biji, buah jambu kaya akan nutrisi. Cegah diabetes, bantu atasi demam berdarah dan turunkan kolesterol, simak 10 manfaat buah jambu yang baik bagi kesehatan tubuh.

Jambu merupakan salah satu buah yang banyak dijumpai di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia. Ini karena buah jambu biji atau jambu air mudah dibudidayakan di negara Indonesia.

Mengutip situs Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan dari Kementerian Kesehatan, jambu biji mengandung protein, serat, kalsium, magnesium, kalium, vitamin C,  A, B, K, E, dan mineral.

Manfaat Buah Jambu

Sementara jambu air mengandung 90 persen air dan sejumlah kecil protein, karbohidrat, serat, vitamin C, A, B1, B3, kalsium, besi hingga fosfor menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat.

Di balik rasa manis dan segar, ada banyak manfaat buah jambu biji dan jambu air bagi kesehatan kita. Apa saja? Ini 10 manfaat buah jambu bagi tubuh yang mungkin belum Anda ketahui.

Baca Juga: Drakor Parasyte The Grey Adaptasi Manga Tayang Hari Ini, Berikut Sinopsis dan Pemeran

Mengurangi Racun Dalam Tubuh

Antioksidan yang berasal dari vitamin C dan senyawa fenolik di jambu air dan jambu biji dapat cegah kerusakan sel akibat radikal bebas, bahan kimia beracun, dan polutan yang sebabkan masalah jantung dan kanker.

Menjaga Kekebalan Tubuh

Manfaat jambu biji dan jambu air selanjutnya adalah menjaga kekebalan tubuh dari penyakit menular. Ini karena jambu air memiliki efek antijamur dan jambu biji mengandung banyak vitamin C yang tinggi.

Baca Juga: Turunkan Kolesterol dan Gula Darah Tinggi Penyebab Diabetes, 11 Manfaat Daun Salam

Menjaga Kesehatan Kulit

Menurut studi Phytotherapy Research oleh Jules-Roger, dkk, efek antimikroba dan antijamur dalam jambu air juga mampu melindungi kulit dari berbagai infeksi.

Vitamin C dalam jambu biji bersifat antioksidan untuk mencegah tanda penuaan dini dan merawat kesehatan kulit Anda.

Manfaat Jambu Air

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Kolesterol

Ini adalah salah satu manfaat jambu yang penting bagi kesehatan. Jambu menjadi camilan buah yang sehat karena vitamin C yang tinggi dan serat bisa menurunkan hipertensi dan kolesterol.

Selain menurunkan kolesterol, jambu air juga dapat menurunkan kemungkinan strok, terkena peradangan hingga kerusakan kesehatan jantung dengan kandungan vitamin C tersebut.

Melancarkan Pencernaan dan Cegah Diare

Buah-buahan mengandung banyak serat untuk melancarkan pencernaan. Begitu juga dengan buah jambu yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dalam tubuh Anda.

Manfaat buah jambu bagi kesehatan yaitu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus sehingga baik untuk penderita diare agar mengurangi bakteri berbahaya dalam usus.

Baca Juga: 13 Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman Bersama Bayi, Apa Saja yang Harus Disiapkan?

Manfaat Lain dari Jambu Biji:

  • Menjaga Kesehatan Mata

Tidak hanya wortel saja, jambu biji diketahui juga baik untuk kesehatan mata. Jambu biji mengandung banyak vitamin A sehingga bagus untuk dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan mata.

  • Cegah Diabetes

Manfaat buah jambu tidak hanya mengurangi tekanan darah tinggi atau kolesterol. Masalah lain yang bisa dihindari dengan sering konsumsi jambu adalah Diabetes.

Buah jambu biji dapat mengatur kadar gula dalam darah sehingga bagus untuk dikonsumsi oleh orang yang beresiko terkena penyakit Diabetes.

Baca Juga: Atasi Kolesterol dan Cegah Darah Tinggi, 10 Lebih Manfaat Alpukat untuk Semua Usia

  • Cegah Demam Berdarah

Ini adalah salah satu manfaat daun jambu biji yang populer bagi kesehatan tubuh. Jus daun jambu biji dapat meningkatkan trombosit dan menurunkan resiko pendarahan saat DBD.

Selain itu menurut Kementerian Kesehatan, ekstra daun jambu biji dapat menghambat pertumbuhan virus Dengue yang menjadi penyebab penyakit Demam Berdarah Dengue.

Manfaat Daun Jambu Biji

Manfaat Lain dari Jambu Air:

  • Cegah Perkembangan Sel Kanker

Menurut penelitian dari jurnal Oxidative Medicine and Cellular Longevity yang dikutip dari situs Kementerian Kesehatan, manfaat jambu air adalah cegah perkembangan sel kanker.

Jambu air bisa mencegah perkembangan sel kanker karena kandungan vitamin C dan vitamin A yang tinggi dan senyawa lainnya yang bekerja menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga: Cegah Serangan Jantung dan Kolesterol Tinggi, Ini 8 Manfaat Kolang-Kaling untuk Tubuh

  • Kurangi Racun dalam Tubuh

Manfaat jambu air yang terakhir adalah membersihkan racun hati dan ginjal dengan baik. Ini dapat membantu mencegah tubuh terhindar dari efek terkena bahan kimia yang beracun dan berbahaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×