Catat, tipe, penyebab, dan gejala hepatitis ini bisa Anda alami

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 08:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Catat, tipe, penyebab, dan gejala hepatitis ini bisa Anda alami

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hepatitis adalah kondisi di mana liver dalam tubuh Anda mengalami inflamasi atau pembengkakan. Selain gejala hepatitis, sebaiknya Anda juga mengetahui penyebab dan tipenya.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai hepatitis, apakah Anda tahu apa saja fungsi liver? Melansir Healthline (healhtline.com), liver memiliki banyak fungsi. Pertama, organ tersebut bertugas untuk memproduksi empedu untuk sistem pencernaan.

Selanjutnya, liver berguna untuk menyaring zat beracun dalam tubuh, memecah berbagai macam nutrisi yang masuk ke tubuh, mengaktivasi enzim-enzim yang dibutuhkan dalam sistem tubuh, dan masih banyak lagi fungsi liver yang lain.

Maka dari itu, Anda perlu memerhatikan kondisi liver supaya tidak rusak. Caranya tentu saja dengan menerapkan pola hidup sehat dan menghindari faktor-faktor yang bisa menyebabkan hepatitis. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan kontrol ke dokter secara rutin.

Baca Juga: Catat! Ini 7 penyebab gula darah rendah yang tidak boleh disepelekan

Tipe Hepatitis

Tak hanya gejala hepatitis, tipe-tipenya juga perlu Anda kenali.

Ada lima tipe hapatitis yang bisa Anda alami di mana masing-masing hepatitis disebabkan karena infeksi virus yang berbeda-beda. Nah, Anda bisa terinfeksi virus hepatitis dengan berbagai macam cara.

Misalnya, Anda terinfeksi hepatitis A dari makanan atau minuman yang terkontaminasi virus. Hepatitis B dan D dapat menular melalui cairan tubuh. Sama seperti hepatitis B dan D, hepatitis C juga bisa menular melalui cairan tubuh ditambah dengan hubungan seksual dan penggunaan obat-obatan.

Sedangkan untuk hepatitis E menular melalui air. Biasanya, hepatitis E terjadi di tempat-tempat dengan kondisi sanitasi yang kurang baik. Artinya, Anda harus selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan supaya tak terinfeksi.

Penyebab Hepatitis

Selain disebabkan karena infeksi virus, penyebab hepatitis berikutnya adalah konsumsi alkohol yang berlebihan. Healthline menyebutkan bahwa alkohol bisa merusak jaringan hati dan memicu inflamasi. Hal yang sama bisa terjadi jika Anda menggunakan obat-obatan secara berlebihan.

Tidak berhenti sampai di situ, masalah pada liver dapat Anda alami jika sebelumnya Anda menderita penyakit autoimun. Sistem imun yang harusnya melindungi tubuh justru menyerang tubuh Anda sendiri. Salah satunya mengganggu fungsi liver.

Baca Juga: Urin Anda Berwarna Gelap? Waspadai Gejala Penyakit Hepatitis

Gejala Hepatitis

Sakit perut termasuk salah satu gejala hepatitis.

Pada beberapa kasus, hepatitis yang belum parah tak menimbulkan gejala apa pun. Namun, gejala hepatitis semakin terasa setelah kondisi liver memburuk. Ada banyak gejala hepatitis yang perlu Anda waspadai.

Mulai dari kelelahan, air kencing dan feses yang keluar berwarna gelap, sakit perut, penyakit kuning, dan gejala-gejala lain yang mirip dengan infeksi flu. Kondisi itu tidak langsung terjadi dalam satu waktu, melainkan muncul secara bertahap.

Selanjutnya: Perlu dikenali, ini 4 gejala liver yang bisa Anda alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru