Perlu dikenali, ini 4 gejala liver yang bisa Anda alami

Rabu, 15 September 2021 | 10:33 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Perlu dikenali, ini 4 gejala liver yang bisa Anda alami

ILUSTRASI. Ada beberapa gejala liver yang sebaiknya Anda waspadai.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hati atau liver adalah salah satu organ dalam tubuh yang memegang peranan penting. Jika Anda mengalami beberapa gejala liver, jangan ragu untuk segera memeriksakan kondisi Anda ke dokter. Dengan begitu, langkah perawatan yang diperlukan bisa Anda dapatkan.

Ada beberapa hal yang perlu Anda waspadai supaya kondisi liver tak terganggu. Pertama, usahakan untuk tidak mengonsumsi alkohol atau makanan dan minuman berbahaya lainnya. Kedua, atur berat badan supaya kinerja liver tak terlalu berat.

Selain itu, perhatikan penyakit lain yang Anda alami, seperti penyakit autoimun. Jika beberapa hal itu tak Anda kontrol, jaringan liver bisa mengalami kerusakan. Pada tahap ini, Anda memang belum mengalami gejala apa pun.

Namun, kerusakan liver yang terus dibiarkan bisa menyebabkan fibrosis hati. Hepatitis NSW (hep.org.au) mengatakan bahwa fibrosis hati terjadi karena jaringan yang rusak mengalami peradangan. Apabila perawatan yang diperlukan belum Anda lakukan, fibrosis hati akan berkembang menjadi sirosis hati.

Baca Juga: 5 Manfaat kunyit untuk kesehatan, bisa mencegah diabetes

Sirosis membuat fungsi liver semakin berkurang. Akibatnya, ada beberapa gejala yang Anda alami. Mulai dari penyakit kuning, berat badan turun, dan lain sebagainya. Usahakan untuk membicarakan kondisi Anda dengan dokter supaya mendapat perawatan.

Penyakit Kuning

Salah satu tugas liver adalah menyaring kotoran yang darah. Saat kinerja liver terganggu, fungsi itu tak dapat berjalan dengan optimal. Akibatnya, ada banyak zat racun yang terkumpul di darah. Hal itu ditandai dengan warna mata dan kulit yang menguning.

Perut Bengkak

Gejala liver selanjutnya yang bisa Anda alami adalah perut bengkak. Kondisi itu terjadi karena penumpukan cairan yang menekan liver. Selain menimbulkan pembengkakan, menumpuknya cairan juga membuat Anda kesulitan untuk bernapas dan mengonsumsi makanan.

Baca Juga: Anda wajib waspada, ini 10 Ciri-ciri gula darah tinggi

Pendarahan

Muntah atau buang air besar berdarah termasuk salah satu gejala liver.

Melansir Hepatitis NSW, tekanan di bagian liver dapat membengkakkan pembuluh darah hingga mengakibatkannya pecah. Beberapa kondisi yang bisa Anda alami adalah muntah darah atau buang air besar berdarah. Tentu saja hal itu membahayakan kesehatan, jadi Anda perlu mewaspadainya.

Ensefalopati

Ensefalopati adalah gejala liver berikutnya yang dapat Anda alami. Ensefalopati adalah kondisi di mana zat beracun yang tak mampu disaring liver menumpuk dan mengganggu fungsi otak. Gejala awal yang dapat Anda alami adalah perubahan mood, sulit berkonsentrasi, dan mengalami gangguan tidur.

Jika terus dibiarkan, Anda bisa mengalami kondisi lain yang lebih parah. Mulai dari kesulitan menulis, mudah marah, sering mengalami kebingungan, selalu mengantuk tanpa ada alasan yang jelas, bahkan Anda bisa pingsan karena hal itu.

Selanjutnya: 4 Cara menurunkan tekanan darah tinggi ini layak dicoba

Editor: Belladina Biananda
Terbaru