5 Manfaat kunyit untuk kesehatan, bisa mencegah diabetes

Selasa, 17 Agustus 2021 | 12:03 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Manfaat kunyit untuk kesehatan, bisa mencegah diabetes

ILUSTRASI. Manfaat kunyit berguna untuk menjaga kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain meningkatkan cita rasa dan memperindah warna masakan, ada banyak manfaat kunyit yang berguna untuk kesehatan. Tentu saja Anda perlu mengonsumsinya secara rutin agar khasiatnya bisa Anda dapat secara maksimal.

Anda bisa mendapat berbagai macam nutrisi penting dalam kunyit. Mulai dari antioksidan, antijamur, antivirus, antibakteri, antiinflamasi, antikarsinogenik, dan lain sebagainya. Tentu saja kandungan-kandungan itu mampu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Meski mudah dikonsumsi, tapi pastikan untuk tetap berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum rutin mengonsumsi kunyit, ya. Khususnya bagi Anda yang memiliki kondisi kesehatan khusus. Dengan berkonsultas, beberapa efek samping kunyit dapat Anda hindari.

Mencegah Diabetes

Mengutip dari NDTV Food (food.ndtv.com), antioksidan dan antiinflamasi yang terdapat dalam kunyit mampu mencegah kemunculan gejala diabetes. Apalagi bagi Anda yang termasuk dalam kelompok prediabetes.

Dengan konsumsi rutin, kunyit mampu mengontrol jumlah insulin dalam tubuh. Mengonsumsi jenis rempah itu juga bisa memaksimalkan efek obat diabetes yang Anda konsumsi. Namun, tentu saja jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dulu dengan dokter.

Baca Juga: Ini 5 rekomendasi obat rematik dari bahan-bahan alami

Menjaga Kesehatan Liver

Manfaat kunyit berikutnya adalah menjaga kesehatan liver Anda. Enzim dalam kunyit mampu mengurangi jumlah racun dalam darah. Dengan begitu, aliran darah menjadi lebih lancar sehingga kesehatan liver pun dapat terjaga.

Mengatasi Artritis

Penyakit artritis atau radang sendi bisa menyebabkan rasa sakit sehingga mengganggu kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh. Nah, antiinflamasi yang terdapat dalam kunyit mampu mengatasi masalah tersebut.

NDTV Food menambahkan bahwa antioksidan dalam kunyit efektif melawan serangan radikal bebas penyebab berbagai jenis penyakit. Meski demikian, bukan berarti kunyit Anda gunakan sebagai pengganti obat artrtitis yang disarankan dokter, ya.

Baca Juga: Menakjubkan, ini sederet manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Salah satu manfaat kunyit adalah meningkatkan sistem imun tubuh.

Supaya tidak mudah sakit, Anda perlu memiliki sistem imun tubuh yang kuat. Nah, hal itu bisa Anda dapat dengan rutin mengonsumsi kunyit. Tentu saja manfaat kunyit itu berasal dari berbagai macam nutrisi penting di dalamnya. Cobalah untuk rutin minum segelas susu hangat yang dicampur dengan 1 sdt kunyit.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Apakah Anda sering mengalami sakit perut akibat masalah pada sistem pencernaan? Jika iya, cobalah untuk mengonsumsi kunyit secara teratur. Tidak hanya mengobati sakit perut, jenis rempah itu juga mampu mengurangi gas sehingga perut kembung dapat Anda hindari.

Selanjutnya: 5 Bahan alami yang efektif meningkatkan daya tahan tubuh

Editor: Belladina Biananda
Terbaru