kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,23   6,87   0.74%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menakjubkan, ini sederet manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh


Rabu, 11 Agustus 2021 / 14:00 WIB
Menakjubkan, ini sederet manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh


Reporter: Helvana Yulian | Editor: Helvana Yulian

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kunyit adalah salah satu tanaman herbal yang biasa digunakan sebagai bumbu masak. Namun, kunyit bukan hanya bermanfaat sebagai penyedap maupun pewarna masakan, bisa juga digunakan sebagai obat-obatan alami. 

Kunyit memiliki warna kuning yang pekat lantaran mengandung curcumin. Tanaman ini mampu membuat tubuh sehat dan mencegah berbagai penyakit, dikutip dari Healthline.

Kunyit menjadi salah satu rempah-rempah yang populer di Amerika bagian tengah dan Asia, termasuk Indonesia. Pusat Medis Universitas Maryland juga meneliti bahwa sifat antioksidan curcumin mampu memerangi radikal bebas, sehingga terhindar dari berbagai penyakit kronis. 

Di sisi lain, kunyit juga dianjurkan bagi yang ingin diet menurunkan berat badan guna terhindar dari diabetes dan obesitas. Kunyit dapat menekan respons peradangan pada sel tubuh, termasuk sel pankreas, lemak, dan otot. Hal itu dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah, dan kolesterol dalam tubuh. Kunyit juga memiliki zat yang mampu larut dalam lemak.

Baca Juga: 6 Bahan ini cocok jadi cara menghilangkan bekas jerawat

Berikut beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh yang harus Anda ketahui, berikut penjelasannya. 

1. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia. Kunyit diketahui dapat mencegah penyakit jantung karena mengandung kurkumin yang mampu meningkatkan fungsi endotelium atau lapisan pembuluh darah. 

Selain itu, kunyit juga memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang berperan penting dalam mencegah penyakit jantung. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas kunyit dalam menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Mengurangi depresi

Studi menunjukkan bahwa konsumsi kunyit mampu mengurangi gejala depresi. Hal ini dikarenakan, kurkumin dalam kunyit dapat membantu antidepresan bekerja lebih baik.

3. Sembelit 

Jika Anda sering mengalami sembelit, kunyit bisa menjadi salah satu penolong anda. Anda bisa minum air rebusan kunyit untuk membantu melancarkan buang air besar akibat sembelit yang sedang Anda alami. 

Baca Juga: Inilah 12 jenis olahraga yang cepat membantu menurunkan berat badan

4. Asam lambung 

Kunyit efektif sebagai obat herbal untuk asam lambung.  Melansir dari Kompas.com, Anda cukup mengeringkan kunyit dan menumbuknya sampai halus.  Setelah itu, Anda seduh bubuk kunyit dengan air hangat lalu minum. 

5. Meringankan gangguan menstruasi

Studi menunjukkan bahwa suplemen yang mengandung kurkumin dapat meringankan gejala PMS. Tak hanya itu, kunyit juga diketahui dapat meredakan kram yang umum dialami perempuan selama menstruasi. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya.

Berikut penjelasan terkait manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh yang harus Moms ketahui. Namun jika Anda mengalami gangguan atau fek samping setelah mengonsumsi kunyit, segera ke doker dan lakukan pengobatan. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Selanjutnya: Manfaat Daging Merah untuk Perempuan dan Ibu Hamil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×