kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45933,41   5,06   0.54%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah 12 jenis olahraga yang cepat membantu menurunkan berat badan


Rabu, 11 Agustus 2021 / 06:23 WIB
Inilah 12 jenis olahraga yang cepat membantu menurunkan berat badan
ILUSTRASI. gerakan plank, termasuk 12 jenis olahraga yang cepat membantu menurunkan berat badan


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kombinasi olahraga dan diet adalah cara tepat untuk menurunkan berat badan. Lalu, olahraga apa yang paling cepat untuk membantu menurunkan berat badan?

Menurut American Council on Exercise, olahraga merupakan bentuk latihan fisik yang dapat meningkatkan massa otot dan metabolisme, mengurangi lemak, serta membantu menurunkan berat badan. Tak hanya itu. Olahraga juga terbukti bermanfaat bagi kesehatan mental serta membuat individu lebih rileks dan mengurangi stres.

Sejak tahun 2020, pandemi Covid-19 mengubah kebiasaan seseorang berolahraga. Industri kebugaran beradaptasi dengan kondisi dunia yang berubah. Orang tidak lagi pergi ke pusat kebugaran, namun menyaksikan tutorial secara streaming di platform YouTube -misalnya. 

Tren tersebut sepertinya akan berlanjut hingga beberapa tahun ke depan, mengingat banyak pemain di industri kesehatan dan kebugaran yang telah beradaptasi dengan tren ini.

Seperti yang sudah disebut di atas, olahraga bukan hanya meningkatkan kebugaran, tetapi juga sangat efektif dalam menurunkan serta menjaga berat badan. Joseph E Donnelly, Direktur Center for Physical Activity and Weight Management di University of Kansas Medical Center memberikan penjelasannya.

Dia menyebut, berolahraga secara teratur dapat membantu menurunkan berat badan seseorang sekitar 5-7 persen. Tetapi satu hal yang harus diingat, proses menurunkan berat badan antara satu individu dengan individu lain berbeda.

Hasil dari proses menurunkan berat badan tersebut amat bergantung pada faktor seperti jenis kelamin, ukuran tubuh, perubahan metabolisme, diet, dan banyak lagi. Juga, setiap olahraga memberikan efek yang berbeda dalam membantu menurunkan berat badan.

Baca juga: Cara diet yang banyak dipilih untuk menurunkan berat badan selama masa pandemi

Ada olahraga yang berfungsi untuk mengembangkan kekuatan, mengencangkan otot, atau membantu membakar kalori dan menurunkan berat badan. Inilah beberapa olahraga yang bisa membantu menurunkan berat badan.

1. Plank

Olahraga pertama yang cepat untuk membantu menurunkan berat badan adalah plank. Memperkuat otot inti adalah bagian penting dari latihan apa pun, dan plank adalah latihan ideal untuk mengembangkan kekuatan dan stabilitas otot inti.

Plank adalah latihan membangun kekuatan yang dapat meningkatkan pembakaran kalori dan membantu menurunkan berat badan. Latihan ini banyak digunakan dalam pilates dan yoga, yang melibatkan bagian punggung, kaki, lengan, dan perut. Plank menargetkan otot perut bagian dalam dan membantu meringankan nyeri pada punggung bagian bawah.

Untuk melakukan plank guna membantu menurunkan berat badan, berbaringlah di matras menghadap ke bawah dengan siku di lantai. Kemudian, dorong tubuh dari lantai dan pertahankan dalam garis lurus sambil bertumpu pada siku.

Latihan plank selama satu menit dapat membakar dua hingga lima kalori tergantung berat badan individu. Ini adalah salah satu latihan terbaik untuk menurunkan berat badan.

2. Lat pulldown

Olahraga kedua yang cepat untuk membantu menurunkan berat badan adalah lat pulldown. Lat Pulldown membantu kita untuk memperkuat otot punggung inti.

Dalam melakukan lat pulldown, pegang palang dengan lengan lebih lebar dari bahu dan tekuk siku, tarik palang ke arah dagu. Teruskan latihan ini selama 30 menit dengan kecepatan sedang untuk membakar sekitar 224 kalori. Gerakan ini adalah latihan membangun kekuatan sekaligus efektif menurunkan berat badan bila dikombinasikan dengan latihan berbeda.

Simak daftar olahraga yang cepat membantu menurunkan berat badan di halaman selanjutnya




TERBARU

[X]
×