Kesehatan Umum

Catat! Inilah penyebab pendarahan pada ibu hamil

Minggu, 02 Agustus 2020 | 09:30 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Catat! Inilah penyebab pendarahan pada ibu hamil

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak penyebab pendarahan pada ibu hamil. Tiap kasus memiliki resiko yang berbeda-beda. Ada kasus pendarahan yang perlu dikhawatirkan dan ada yang tidak.

Namun, bukan berarti Anda menjadi tidak waspada karena fakta tersebut. Setiap penyebab pendarahan pada ibu hamil harus diperhatikan agar tidak menimbulkan masalah yang lebih parah.

Trimester Pertama Kehamilan

Melansir dari Mayo Clinic (mayoclinic.org), penyebab pendarahan pada ibu hamil dibagi menjadi tiga fase. Fase pertama ada di trimester pertama kehamilan. Ada beberapa penyebab yang biasanya terjadi.

Baca Juga: Untuk ibu hamil, ini lho cara mengejan yang benar saat akan melahirkan

Pertama, kehamilan ektopik di mana sel telur dibuahi dan berkembang di luar uterus. Kedua, pendarahan implantasi yang terjadi pada hari ke-10 hingga ke-14 setelah konsepsi (sel telur dibuahi dalam selaput uterus).

Ketiga, keguguran sebelum minggu ke-20 kehamilan. Penyebab pendarahan pada ibu hamil keempat dan jarang terjadi adalah molar pregnancy di mana perkembangan sel telur tidak normal. Penyebab pendarahan pada ibu hamil juga bisa disebabkan karena ada masalah di bagian serviks, seperti infeksi dan lain-lain.

Trimester Kedua dan Ketiga Kehamilan

Penyebab pendarahan pada ibu hamil di trimester kedua dan ketiga kehamilan juga beraneka ragam. Masalah pada bagian serviks bisa menyebabkan pendarahan. Misalnya, serviks terbuka lebih dulu terbuka sehingga menyebabkan bayi bisa lahir secara prematur.

Sama seperti di trimester pertama, keguguran juga bisa menjadi penyebab pendarahan pada ibu hamil. Penyebab pendarahan pada ibu hamil selanjutnya adalah placental abruption di mana plasenta sebagai saluran sumber nutrisi bayi terpisah dari dinding uterus.

Baca Juga: Hati-hati terkena Penyakit Sepsis banyak menyerang ibu hamil, ini penyebabnya

Plasenta yang menutupi serviks atau placenta previa bisa juga menjadi penyebab pendarahan pada ibu hamil. Kontraksi juga bisa menyebabkan pendarahan ringan yang disebut dengan preterm labor.

Akhir Masa Kehamilan

Mayo Clinic menyebutkan bahwa wanita hamil juga bisa mengalami pendarahan di masa akhir kehamilan. Biasanya, darah yang keluar dibarengi dengan adanya lendir.
Anda tak perlu khawatir karena penyebab pendarahan pada ibu hamil di masa ini bisa Anda jadikan tanda bahwa sudah saatnya melahirkan.

Penyebab pendarahan pada ibu hamil adalah hal penting yang harus dilaporkan pada dokter Anda. Mayo Clinic menyebutkan, Anda harus bisa mendeskripsikan seperti apa darah yang keluar agar dokter bisa memahami kondisi Anda.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru