Kesehatan Umum

Catat, inilah 4 tanda tubuh kekurangan vitamin D

Rabu, 21 Oktober 2020 | 10:26 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Catat, inilah 4 tanda tubuh kekurangan vitamin D

ILUSTRASI. Kekurangan vitamin D dapat dihindari dengan mendapat sinar matahari yang cukup. KONTAN/Fransiskus Simbolon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Vitamin D adalah salah satu vitamin penting karena berperan dalam beberapa sistem dalam tubuh. Kekurangan vitamin D bisa Anda hindari dengan mendapat sinar matahari yang cukup dan mengonsumsi jenis makanan yang banyak engandung vitamin tersebut.

Mengutip dari Healthline (healthline.com), sekitar satu milyar orang di dunia memiliki sedikit vitamin D dalam darah. Beberapa resiko yang meningkatkan kemungkinan itu adalah usia, berat badan berlebih atau obesitas, dan jarang terkena sinar matahari.

Banyak orang yang tak menyadari bahwa mereka mengalami kekurangan vitamin D. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mewaspadai gejala-gejala berikut agar bisa mendapat perawatan yang tepat.

Sering Sakit

Jumlah vitamin D dalam tubuh yang terlalu sedikit mengakibatkan Anda lebih mudah sakit. Hal itu disebabkan karena sistem imun yang melemah sehingga infeksi lebih sering menyerang Anda.

Baca Juga: Penyebab osteoporosis meningkat karena faktor-faktor ini

Beberapa jenis penyakit yang biasa menyerang tubuh saat kekurangan vitamin D adalah flu, pilek, bronkitis, penumonia, dan penyakit pernapasan lainnya. Sebaiknya, konsumsi suplemen vitamin D dengan dosis mencapai 4.000 IU setiap hari untuk menghindari penyakit pernapasan tersebut.

Nyeri Punggung

Nyeri punggung jadi salah satu tanda kekurangan vitamin D.

Nyeri punggung adalah tanda lain bahwa Anda memiliki vitamin D yang sedikit. Salah satu penelitian menguji hubungan vitamin D dengan nyeri punggung pada 9.000 wanita. Hasilnya, mereka yang nyeri punggu memiliki vitamin D yang rendah sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Rambut Rontok

Apakah rambut Anda sering rontok? Jika iya, mungkin kekurangan vitamin D adalah penyebabnya. Mengutip dari Healthline, penyakit autoimun bernama alopecia areata ditandai dengan rambut rontok yang parah. Vitamin D yang sedikit meningkatkan resiko penyakit tersebut.

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa memakai vitamin D buatan bisa mengatasi masalah tersebut. Selain itu, memperbaiki asupan nutrisi yang dikonsumsi setiap hari juga penting untuk dilakukan.

Baca Juga: Penting dan harus dipenuhi, ini ragam vitamin yang dibutuhkan tubuh

Nyeri Otot

Selain sakit punggung, nyeri otot juga bisa disebabkan karena kekurangan vitamin D. Salah satu penelitian menunjukkan, 71% penderita sakit kronis memiliki vitamin D yang sanngat sedikit. 

Mengonsumsi suplemen vitamin D dengan dosis tinggi bisa mengurangi sakit akibat kekurangan vitamin tersebut. Jika Anda merasa kekurangan vitamin D, segera konsultasikan diri ke dokter untuk mendapat perawatan yang tepat.

Selanjutnya: Vitamin D dan zinc bisa cegah infeksi Virus Corona? Cek beritanya

Editor: Belladina Biananda


Terbaru