Penyebab osteoporosis meningkat karena faktor-faktor ini

Senin, 19 Oktober 2020 | 14:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Penyebab osteoporosis meningkat karena faktor-faktor ini

ILUSTRASI. Penyebab osteoporosis meningkat karena beberapa faktor./Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/15/08/2011.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Osteoporosis merupakan penyakit yang menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh. Ada banyak penyebab osteoporosis yang perlu Anda waspadai. Dengan mengetahui penyebabnya, pencegahan dan pengobatan yang tepat bisa Anda lakukan.

Mengutip dari Mayo Clinic (mayoclinic.org), tulang baru terbentuk untuk menggantikan tulang-tulang yang rapuh saat manusia masih berusia muda. Setelah melewati usia 20 tahun, kemampuan regenerasi tulang semakin melambat sehingga kepadatan tulang menjadi berkurang banyak.

Padat atau tidaknya tulang Anda yang menjadi penanda pakah Anda mengalami osteoporosis atau tidak. Ada banyak faktor yang bisa jadi penyebab osteoporosis. Mulai dari pola hidup, kondisi kesehatan, dan lain sebagainya.

Kondisi Hormon

Kondisi hormon seksual dalam tubuh seseorang mampu memengaruhi kepadatan tulang. Misalnya, pengobatan untuk kanker payudara dan kanker prostat bisa menurunkan jumlah progesteron dan estrogen sehingga berpengaruh pula pada kesehatan tulang.

Baca Juga: 3 Penyebab sakit punggung pada wanita yang umum terjadi

Selain itu, hormon tiroid juga bisa membuat kepadatan tulang berkurang. Hal yang sama juga berlaku pada produksi kelenjar hormon yang lain, seperti paratiroid dan kelenjar adrenal.

Kondisi Medis dan Pengobatan

Mayo Clinic mengatakan, resiko osteoporosis juga bisa meningkat saat Anda memiliki kondisi medis tertentu. Misalnya, sedang menjalani pengobatan kortikosteroid, memiliki penyakit ginjal, liver, kanker, lupus, dan lain sebagainya.

Pola Hidup

Terlalu lama duduk dan tidak melakukan banyak aktivitas fisik bisa jadi penyebab osteoporosis.

Penyebab osteoporosis lainnya juga bisa meningkatkan saat Anda menjalani pola hidup yang kurang sehat. Beberapa di antaranya adalah mengonsumsi alkohol secara berlebihan dan merokok. Selain itu, osteoporosis juga sering dialami oleh seseorang yang kurang melakukan aktivitas fisik dan terlalu banyak duduk.

Tak hanya itu, kebiasaan makan juga berpengaruh pada kepadatan tulang. Usahakan untuk memiliki berat badan yang ideal atau tidak terlalu kurus agar kesehatan tulang terjaga. Memenuhi kebutuhan kalsium dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari juga penting dilakukan.

Ada pula faktor-faktor penyebab osteoporosis yang tak bisa diubah. Contohnya adalah jenis kelamin, usia, ras, dan riwayat kesehatan. Mayo Clinic mengatakan bahwa pemilik ras Asia dan wanita lebih rentan terkena osteoporosis.

Baca Juga: 4 Cara meninggikan badan yang bisa Anda lakukan

Gejala Osteoporosis

Mayo Clinic menyebutkan bahwa osteoporosis awalnya tak menimbulkan gejala apa pun. Namun, seiring berjalannya waktu, penyakit ini menyebabkan punggung terasa sakit karena tulang belakang yang terganggu, tinggi badan berkurang, dan tulang yang menjadi lebih mudah patah.

Pencegahan Osteoporosis

Penyebab osteoporosis bisa dicegah dengan menghindari penyebab-penyebabnya. Rajin olahraga dan memenuhi kebutuhan vitamin D serta nutrisi lain yang dibutuhkan tulang dan kesehatan tubuh secara keseluruhan bisa menurunkan resiko osteoporosis yang mungkin Anda miliki.

Selanjutnya: Penyebab skoliosis yang perlu Anda ketahui

Editor: Belladina Biananda


Terbaru