Tips Sehat

Penting dan harus dipenuhi, ini ragam vitamin yang dibutuhkan tubuh

Jumat, 02 Oktober 2020 | 15:24 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Penting dan harus dipenuhi, ini ragam vitamin yang dibutuhkan tubuh

ILUSTRASI. Penting dan harus dipenuhi, ini ragam vitamin yang dibutuhkan tubuh.


KONTAN.CO.ID - Vitamin merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Baik anak-anak maupun orang dewasa, kebutuhan vitamin harus selalu terpenuhi.  

Vitamin yang penting untuk tubuh tidak hanya vitamin B12 atau vitamin C. Tubuh memerlukan berbagai vitamin agar organ dan sel tubuh tetap sehat. 

Masing-masing vitamin memiliki peran penting yang tidak tergantikan. Maka dari itu, kebutuhan vitamin harus terus terpenuhi.

Vitamin terkadung di berbagai jenis makanan. Agar terus tercukupi, Anda sebaiknya selalu menyediakan makanan tersebut.  

Apa saja vitamin tersebut? KONTAN.co.id merangkum beragam vitamin yang tubuh butuhkan dari Reader's Digest dan On Health.

Berikut vitamin-vitamin yang penting untuk tubuh dan harus selalu dipenuhi.

  • Vitamin A

Sering mendengar nasihat untuk makan wortel agar tidak rabun? Wortel memiliki kandungan vitamin yang bisa memelihara kesehatan mata. 

Vitamin A dalam wortel bisa membantu sel-sel mata agar tidak cepat rabun. Vitamin A juga membantu sel tubuh untuk beregenerasi dengan baik. Vitamin ini baik untuk rambut, kuku, gusi, hingga tulang dan gigi. 

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin A, harus banyak makan sayur, seperti wortel dan buah bit. Vitamin A juga banyak ditemukan di daging merah terutama hati.

vitamin A

  • Vitamin C 

Anda mungkin sering menemukan minuman yang mengandung vitamin C. Atau, Anda sering meminumnya agar tidak gampang sakit? 

Baca Juga: Sejarah penemuan kopi hingga jadi minuman favorit banyak orang

Vitamin C memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain memperkuat metabolisme, vitamin ini juga membantu menyerap zat besi. Vitamin C juga mempercepat proses penyembuhan pada luka dan antioksidan. 

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin C, ada baiknya mendapatkannya secara alami. Anda bisa mengkonsumsi buah jeruk, melon, brokoli, hingga kentang, agar kebutuhan vitamin C terpenuhi.

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru