kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat, ini makanan yang baik dan buruk bagi penderita asam urat


Sabtu, 03 Oktober 2020 / 19:05 WIB
Catat, ini makanan yang baik dan buruk bagi penderita asam urat
ILUSTRASI. Ikan tuna.?KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Sumber: Kompas.com | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam urat adalah penyakit yang gampang-gampang susah untuk dikendalikan. Masalahnya, bila tidak segera diatasi, kadar asam urat yang tinggi dalam darah bisa menimbulkan gangguan kesehatan yang lebih serius, mulai dari rasa nyeri di persendian (artritis gout), kerusakan tulang dan persendian, hingga penyakit ginjal dan jantung. 

Melansir artikel Healthline, 26 Desember 2017, makanan memiliki peran penting dalam mengontrol kadar asam urat. Makanan yang memicu kenaikan asam urat biasanya memiliki kandungan purin tinggi yang diolah oleh tubuh menjadi asam urat. 

Pada orang yang sehat, memakan makanan tinggi purin bukan masalah. Akan tetapi, orang dengan kadar asam urat yang tinggi biasanya kesulitan membuang asam urat yang berlebih di dalam tubuh. 

Baca Juga: Ini gejala asam urat yang harus Anda ketahui

Bila Anda termasuk orang yang khawatir akan asam urat, berikut adalah daftar makanan yang harus dihindari, direkomendasikan oleh pakar dan harus dijaga konsumsinya. Harus dihindari Makanan yang mengandung lebih dari 200 miligram purin per 100 gram harus dihindari oleh orang yang memiliki kadar asam urat tinggi. 

Selain itu, makanan bergula tinggi dan makanan berpurin menengah-tinggi juga harus dihindari karena bisa memicu rasa nyeri di persendian (artritis gout). Makanan-makanan ini antara lain: 
1. Jeroan, termasuk hati, ampela, ginjal dan otak 
2. Daging hewan buruan 
3. Ikan-ikan tertentu, di antaranya makarel, tuna, sarden dan teri. 
4. Makanan laut, seperti udang, kepiting dan scallop 
5. Minuman bergula tinggi, khususnya soda dan jus buah 
6. Gula tambahan, termasuk sirup jagung berfruktosa tinggi dan madu 
7. Karbohidrat rafinasi, seperti roti putih, kue tar dan kukis 

Baca Juga: Ramuan herbal temulawak, kunyit, dan daun kumis kucing efektif mengobati asam urat

Dimakan secukupnya saja 
Selain jeroan, daging hewan buruan dan jenis-jenis ikan tertentu, penderita asam urat sebetulnya masih boleh memakan daging namun dalam jumlah terbatas, yakni sajian 115-170 gram beberapa kali per minggu. Pasalnya, daging ayam, sapi, babi dan kambing mengandung tingkat purin moderat (100-200 miligram per 100 gram). 

Jika ingin memakan ikan, pilihan yang direkomendasikan oleh ahli adalah salmon karena mengandung tingkat purin yang lebih rendah dari ikan-ikan lainnya. 




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×