HOME

Ini gejala asam urat yang harus Anda ketahui

Jumat, 02 Oktober 2020 | 18:00 WIB Sumber: Kompas.com
Ini gejala asam urat yang harus Anda ketahui

ILUSTRASI. Ilustrasi. Seseorang menderita asam urat.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyakit asam urat harus segera diobati agar tidak memicu munculnya penyakit komplikasi lainnya. Berikut gejala asam urat yang wajib Anda ketahui.  

Penyakit asam urat adalah penyakit yang tak bisa dipandang sebelah mata. Jika tak diobati tepat waktu, penyakit asam urat yang dikenal juga sebagai gout itu bisa memicu komplikasi asam urat yang berbahaya. 

Baca Juga: Ramuan herbal temulawak, kunyit, dan daun kumis kucing efektif mengobati asam urat

Maka dari itu, penting kiranya bagi siapa saja untuk mengenali ciri-ciri asam urat sebagai langkah antisipasi kondisi yang lebih parah.

Sekedar info, penyakit asam urat dipicu oleh banyak faktor salah satunya dari makanan yang mengandung purin tinggi. Sekedar info, contoh makanan yang mengandung purin tinggi adalah otak sapi, hati sapi, dan jeroan.  

Melansir berbagai sumber, berikut ini ciri-ciri asam urat yang perlu diketahui: 

1. Nyeri sendi tak tertahankan 

Melansir laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), penyakit asam urat dapat menyebabkan nyeri sendi tak tertahankan. 

Nyeri tersebut berasal dari munculnya kristal urat di sendi akibat kondisi kadar asam urat yang terlalu tinggi di dalam darah. 

Bagian yang paling sering mengalami nyeri sendi akibat asam urat adalah jempol kaki. Sementara, nyeri tersebut dapat juga timbul di pergelangan kaki, lutut, pergelangan kaki, siku, dan jari tangan. 

Orang yang terkena serangan nyeri sendi akibat asam urat biasanya akan merasakan perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama. 
Nyeri sendi awal tersebut bisa berlangsung selama 3-10 hari dan paling sering terjadi pada malam hari. 

2. Muncul bengkak 

Selain nyeri sendi, gejala asam urat juga bisa berupa munculnya pembengkakan. Pembengkakan tersebut tidak hanya terjadi di sendi, tapi bisa juga di sekitar sendi. 

Ada dua alasan mengapa pembengkakan bisa terjadi akibat asam urat. Pertama, bengkak muncul karena jaringan pelapis sendi bernama sinovium membengkak. 

Kedua, adanya peningkatan volume cairan synovial atau pelumas sendi saat terjadi peradangan. Pada tahap ini, penderita asam urat bisa jadi tidak akan mampu bergerak secara leluasa lagi. 

3. Warna kulit yang memerah 

Pada kasus asam urat, pembengkakan yang terjadi pada umumnya disertai juga dengan warna kulit yang memerah. 

Saat terjadi peradangan di sendi, aliran darah akan meningkat di sana. Hal itu pun kemudian membuat warna kulit berubah memerah. 

4. Sensasi panas di sendi 

Melansir Health Line, tak hanya nyeri sendi yang tak tertahankan dan pembengkakan, gejala asam urat juga dapat berupa rasa panas di persendian. 

Kondisi ini pada kenyataannya bisa menjangkit segala usia, termasuk kalangan muda usia 20 tahunan. Sensasi panas atau hangat di persendian tersebut tidak lain adalah efek dari proses peradangan akibat kristal yang terbentuk di sendi-sendi. 

5. Benjolan (tophi) 

Jika seseorang terlambat atau tidak mengobati penyakit asam uratnya, itu bisa menjadi kronis. 

Benjolan keras yang disebut tophi akhirnya dapat berkembang di persendian dan kulit serta jaringan lunak yang mengelilinginya. Keberadaan tophi ini secara permanen dapat merusak sendi. 

Dengan demikian, perawatan sesegera mungkin sangat penting ditempuh untuk mencegah penyakit asam urat menjadi kronis. 

Mengetahui ciri-ciri asam urat dapat membantu Anda menentukan waktu yang tepat untuk pergi ke dokter sebelum penyakit tersebut dapat menyebabkan masalah permanen. (Irawan Sapto Adhi) 

Baca Juga: Asam urat kumat lagi? Kayu manis bermanfaat sebagai obat herbal asam urat

Selanjutnya: Tidak ingin asam lambung naik? Hindari makanan berikut ini

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Ciri-ciri Asam Urat yang Harus Diwaspadai"

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru