kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat dosis vitamin D dan vitamin C yang harus dikonsumsi saat terinfeksi Covid-19


Jumat, 01 Oktober 2021 / 13:35 WIB
Catat dosis vitamin D dan vitamin C yang harus dikonsumsi saat terinfeksi Covid-19
ILUSTRASI. Sejak kasus Covid-19 melonjak, berbagai dosis vitamin, baik vitamin C maupun vitamin D banyak diburu masyarakat. Tribun Jabar/Gani Kurniawan


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat tubuh sakit atau sedang terinfeksi Covid-19, berapa dosis vitamin D maupun vitamin C yang harus dikonsumsi? 

Pertanyaan ini kerap muncul beberapa waktu belakangan. Hal ini terjadi seiring penyebaran kasus Covid-19 yang masih terjadi. 

Masyarakat pun banyak yang memborong berbagai suplemen makanan dan vitamin sebagai upaya pencegahan dan penguatan sistem kekebalan tubuh, agar tidak mudah sakit. Bahkan, banyak masyarakat yang meyakini bahwa konsumsi vitamin C maupun vitamin D dalam dosis tinggi dapat meningkatkan imun dan terhindar dari infeksi Covid-19. 

Sejak kasus Covid-19 melonjak, berbagai dosis vitamin, baik vitamin C maupun vitamin D banyak diburu masyarakat. 

Guru Besar Fakultas Farmasi UGM, Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt, mengatakan beberapa kajian mengungkapkan bahwa ternyata rata-rata orang memiliki kadar konsumsi vitamin D yang rendah. 

Baca Juga: Bisa meningkatkan imunitas tubuh, ini 3 makanan tinggi vitamin D

"Makanya, diperlukan tambahan (asupan vitamin dari luar). Sedangkan kebutuhan vitamin D untuk preventif harian, untuk menjaga kesehatan dosis vitamin D sekitar 500IU atau 400IU hingga 1000IU sudah cukup," ungkap Prof Zullies kepada Kompas.com, Rabu (7/7/2021). 

Dosis vitamin D untuk Covid-19 Untuk diketahui, Prof Zullies mengatakan bahwa memang vitamin C, vitamin D maupun vitamin E, berkaitan erat dengan sistem imun atau kekebalan tubuh. 

Kendati tidak masalah asupan vitamin dapat diperoleh dengan konsumsi suplemen, namun pada dasarnya sumber vitamin D pun dapat diperoleh dari makanan sehat dan sinar matahari. 

Baca Juga: Jangan berlebihan, ini 4 efek samping terlalu banyak konsumsi vitamin D

"Sebenarnya sumber vitamin D juga bisa diperoleh dari makanan dan sinar matahari yakni dengan berjemur setiap pagi. Ini sudah cukup memenuhi kebutuhan vitamin D harian tubuh," ungkap Prof Zullies Vitamin sangat diperlukan untuk tubuh untuk menjaga imun tubuh. 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×