Catat baik-baik, ya! Ini 5 pantangan diabetes yang perlu Anda hindari

Sabtu, 07 Agustus 2021 | 06:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Catat baik-baik, ya! Ini 5 pantangan diabetes yang perlu Anda hindari


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Satu hal penting yang perlu dilakukan penderita diabetes adalah mengatur makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Tak hanya memilih makanan rendah lemak dengan karbohidrat sehat, ada beberapa pantangan diabetes yang sebaiknya Anda waspadai.

Dengan membatasi konsumsi jenis makanan tertentu, lonjakan jumlah gula darah dapat Anda hindari. Begitu pula dengan risiko komplikasi kesehatan. Salah satu jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari adalah makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi.

Dengan begitu, jumlah gula darah dalam tubuh menjadi lebih terkontrol. Meski demikian, perlu diingat bahwa tidak mengonsumsi makanan ini hanya sebagai pelengkap. Anda tetap perlu mengonsumsi obat diabetes yang disarankan dokter.

Buah Kering

Jenis makanan pertama yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes adalah buah kering. Everyday Health (everydayhealth.com) mengatakan bahwa proses dehidrasi buah kering memudahkan Anda untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang tidak sedikit.

Baca Juga: 5 Penyebab diare yang sebaiknya tidak Anda abaikan

Makanan Ringan

Selain buah kering, makanan ringan termasuk pantangan diabetes berikutnya yang perlu Anda waspadai. Ada banyak kandungan dalam makanan ringan yang tidak baik untuk kesehatan. Mulai dari pemanis, natrium, dan lemak trans.

Lemak trans bisa meningkatan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik. Saat hal itu terjadi, Anda lebih berisiko mengalami penyakit jantung. Sebelum mengonsumsi makanan ringan apa pun, jangan lupa untuk mengecek kandungan nutrisi dalam label yang tertera, ya.

Alkohol

Membatasi konsumsi alkohol bisa jadi salah satu cara mengontrol jumlah gula darah dalam tubuh. Mengutip dari Everyday Health, sebaiknya wanita tidak mengonsumsi lebih dari satu porsi alkohol per hari. Sedangkan pria direkomendasikan untuk tidak mengonsumsi lebih dari dua porsi per hari.

Baca Juga: Coba 5 makanan untuk tekanan darah rendah ini, yuk

Makanan Manis

Makanan manis, seperti dessert atau permen, jadi pantangan diabetes lainnya yang sebaiknya Anda hindari. Selain memiliki kandungan nutrisi yang sedikit, jenis makanan itu juga bisa membuat lonjakan pada jumlah gula darah dalam tubuh.

Madu

Madu termasuk salah satu pantangan diabetes yang perlu Anda waspadai.

Meski alami, tapi madu tetap perlu Anda hindari. Hal yang sama juga berlaku untuk bahan alami lain yang ingin Anda gunakan sebagai pemanis. Alasannya, tubuh Anda tidak bisa membedakan apakah makanan yang Anda konsumsi adalah pemanis alami atau pemanis buatan. Jadi, jumlah gula darah tetap bisa bertambah.

Selanjutnya: Ini 5 Jenis Makanan yang Terlarang Buat Penderita Asam Urat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru