5 Penyebab diare yang sebaiknya tidak Anda abaikan

Rabu, 07 Juli 2021 | 15:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Penyebab diare yang sebaiknya tidak Anda abaikan

ILUSTRASI. Ada banyak faktor penyebab diare yang perlu Anda perhatikan. Tribun Jateng/ Hermawan Handaka.

KONTAN.CO.ID - Diare merupakan salah satu masalah sistem pencernaan yang biasa dialami oleh banyak orang. Anda perlu mewaspadai penyebab diare supaya kondisi itu tak Anda alami terlalu sering.

Jika terus terjadi, bukan tidak mungkin diare menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Biasanya, diare ditandai dengan tekstur feses yang lebih lunak dan berair dibanding yang biasa Anda keluarkan. Frekuensi buang air besar yang meningkat juga bisa jadi tanda diare yang lain.

Tentu saja, kondisi itu dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Jika diare terus Anda alami dalam jangka waktu lama, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya.

Nantinya, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk mendiagnosa kondisi Anda. Nah, umumnya perawatan yang Anda butuhkan disesuaikan dengan penyebabnya.

Infeksi

Melansir Health Direct, ada beberapa jenis infeksi yang bisa jadi penyebab diare. Mulai dari infeksi virus, bakteri, hingga parasit.

Untuk menghindari hal tersebut, penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan diri, lingkungan, dan makanan serta minuman yang Anda konsumsi.

Baca Juga: Ini 4 pantangan sakit tipes yang sebaiknya Anda hindari

Intoleransi laktosa

Diare bisa terjadi saat Anda mengonsumsi susu yang mengandung fruktosa. Tak hanya susu, dairy product atau produk olahan susu lainnya juga bisa menyebabkan hal yang sama.

Jadi, sebaiknya Anda benar-benar menghindari konsumsi susu agar masalah pencernaan itu tak sering Anda alami.

Penyakit crohn

Health Direct menyebutkan, penyakit crohn biasanya ditandai dengan diare. Penyakit crohn adalah salah satu jenis penyakit yang membuat dinding pencernaan mengalami inflamasi atau peradangan.

Untuk memastikan kondisi Anda, cobalah untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga: Anda Harus Waspada, Berikut 4 Gejala Usus Buntu

Kanker perut

Kanker perut jadi penyebab diare berikutnya yang perlu Anda perhatikan. Selain memicu diare, masih banyak gejala kanker perut lain yang dapat Anda alami. Salah satunya adalah feses yang Anda keluarkan bercampur dengan darah.

Diabetes

Diabetes termasuk salah satu penyebab diare.

Diare juga bisa terjadi akibat diabetes, lo. Diabetes adalah penyakit di mana resistensi insulin dalam tubuh terganggu atau jumlah gula darah dalam tubuh tak terkontrol.

Perawatan untuk penderita diabetes pun Anda butuhkan agar diare dan gejala lain tak lagi Anda alami.

Selanjutnya: 4 Hal ini bisa jadi penyebab nyeri perut sebelah kiri

Editor: Belladina Biananda
Terbaru