Ini 5 Jenis Makanan yang Terlarang Buat Penderita Asam Urat

Jumat, 30 Juli 2021 | 12:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 5 Jenis Makanan yang Terlarang Buat Penderita Asam Urat

ILUSTRASI. Daging kalkun termasuk salah satu makanan pantangan asam urat.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah asam urat berlebih dalam tubuh dapat mengganggu kesehatan tubuh. Supaya hal itu dapat Anda hindari, ada beberapa cara yang perlu Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan menghindari makanan pantangan asam urat.

Asam urat terbentuk akibat pecahnya purin dalam tubuh. Jika terus dibiarkan, jumlah asam urat akan menumpuk dan menyebabkan inflamasi. Biasanya, peradangan terjadi beberapa bagian sendi, seperti lutut atau siku, dan beberapa bagian tubuh yang lain.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk membatasi atau benar-benar menghindari makanan yang mengandung banyak purin. Beberapa contoh makanan kaya purin ada dalam artikel ini. Selain menghindari beberapa jenis makanan ini, jangan lupa untuk memeriksakan diri ke dokter, ya.

Kerang

Kerang dan jenis seafood lain umumnya memiliki kandungan purin yang cukup tinggi. Maka dari itu, sebaiknya Anda membatasi konsumsi seafood. Anda masih bisa memilih jenis makanan lain yang mengandung minyak ikan, protein, atau nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam kerang atau seafood.

Baca Juga: Makanan dan minuman yang harus dihindari penderita diabetes

Kalkun

Healthcare Associates of Texas (healthcareassociates.com) mengatakan bahwa kalkun termasuk salah satu makanan yang perlu Anda hindari. Alih-alih mengonsumsi daging kalkun, sebaiknya Anda mengonsumsi daging ayam karena lebih sehat. Namun, jangan lupa untuk mengolahnya dengan cara yang sehat pula.

Sayuran

Bayam termasuk salah satu makanan pantangan asam urat karena mengandung banyak purin.

Umumnya, sayuran memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Sayangnya, beberapa jenis sayuran mengandung banyak purin sehingga dapat menambah jumlah asam urat. Beberapa jenis sayur yang dimaksud adalah asparagus, bayam, jamur, kembang kol, dan lain sebagainya.

Daging Merah

Daging merah jadi makanan pantangan asam urat berikutnya yang perlu Anda waspadai. Beberapa jenis makanan yang tergolong dalam daging merah adalah daging sapi, daging domba, daging kambing, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cek 5 pantangan diabetes yang sebaiknya Anda hindari

Minuman Manis

Selain makanan pantangan asam urat yang telah disebutkan, Healthcare Associates of Texas juga merekomendasikan Anda untuk menghindari minuman manis. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi minuman manis dapat meningkatkan jumlah asam urat.

Ada banyak jenis minuman manis yang perlu Anda hindari, misalnya jus buah atau minuman bersoda. Minuman beralkohol seperti bir juga berpengaruh buruk pada jumlah asam urat. Jadi, sebaiknya Anda menghindari jenis minuman itu.

Selanjutnya: Jangan makan ini! 5 Jenis makanan yang terlarang bagi penderita asam urat

Editor: Belladina Biananda
Terbaru