kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,39   4,99   0.55%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat 8 Manfaat Kubis Merah Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa


Kamis, 14 Desember 2023 / 15:14 WIB
Catat 8 Manfaat Kubis Merah Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa
ILUSTRASI. Kubis merah


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Kubis Merah - Manfaat kubis merah bagi kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang penting diketahui. Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi kubis merah juga penting diperhatikan.

Kubis merah, atau sering disebut sebagai kubis ungu atau red cabbage, adalah varietas kubis yang memiliki warna ungu kemerahan pada daunnya. 

Selain menjadi bahan dasar dalam berbagai hidangan, kubis merah juga dikenal memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Pisang Merah Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Merangkum dari Healthline, ini manfaat kubis merah bagi kesehatan:

1. Kaya akan Antioksidan

Kubis merah mengandung senyawa antioksidan, seperti flavonoid dan polifenol, yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada penuaan dini serta penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan Tubuh yang Tersembunyi

2. Mendukung Kesehatan Jantung

Kandungan flavonoid dalam kubis merah dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan meningkatkan kesehatan pembuluh darah, mengendalikan tekanan darah, dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

3. Menyediakan Vitamin dan Mineral

Kubis merah kaya akan vitamin dan mineral penting, seperti vitamin C, vitamin K, vitamin A, vitamin B6, mangan, dan kalium. Vitamin C mendukung sistem kekebalan tubuh, vitamin K penting untuk pembekuan darah yang sehat, dan mangan membantu dalam proses metabolisme.

Baca Juga: Ini 8 Manfaat Kacang Almond Bagi Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

4. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A yang terkandung dalam kubis merah penting untuk kesehatan mata. Vitamin ini membantu menjaga retina agar tetap sehat dan dapat melindungi mata dari penyakit degeneratif seperti katarak.

5. Mendukung Pencernaan yang Sehat

Serat yang tinggi dalam kubis merah membantu menjaga kesehatan pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, mempromosikan pergerakan usus yang lancar, dan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2023-2024 Pekan 23, Ini Prediksi Persija Jakarta vs PSS Sleman

6. Potensi Antiinflamasi

Senyawa-senyawa tertentu dalam kubis merah, seperti anthocyanin, memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit inflamasi kronis, seperti arthritis.

7. Menyediakan Energi

Kubis merah mengandung karbohidrat kompleks, yang memberikan energi bertahap dan membantu menjaga tingkat gula darah tetap stabil. Ini dapat membantu menjaga kestabilan energi sepanjang hari.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris 2023-2024: Pekan 17 Ada Laga Man City vs Crystal Palace

8. Potensi Anti-Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa-senyawa dalam kubis merah, termasuk glucosinolate, memiliki potensi untuk melawan pertumbuhan sel kanker. Meskipun penelitian masih berlangsung, konsumsi kubis merah dapat menjadi bagian dari pola makan yang mendukung pencegahan kanker.

Meskipun kubis merah memiliki banyak manfaat kesehatan, penting untuk mengonsumsinya sebagai bagian dari pola makan yang seimbang dan sehat. Konsultasikan dengan profesional kesehatan Anda sebelum membuat perubahan signifikan dalam diet Anda, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau alergi makanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×