Tips Sehat

Catat! 3 obat sesak nafas alami paling ampuh dan cara membuatnya

Rabu, 05 Agustus 2020 | 12:57 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Catat! 3 obat sesak nafas alami paling ampuh dan cara membuatnya

ILUSTRASI. Kunyit adalah salah satu obat sesak nafas paling ampuh.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Obat sesak nafas alami paling ampuh dan cara membuatnya penting untuk Anda ketahui. Sesak nafas biasanya terjadi karena ada iritasi pada saluran pernapasan. Iritasi bisa berupa polusi, asap rokok, dan debu.

Obat sesak nafas alami paling ampuh dan cara membuatnya perlu Anda lakukan, agar sesak nafas tak menjadi lebih parah. Mengutip tatanutrikorner.com, obat alami berikut bisa Anda gunakan untuk mengurangi frekuensi dan durasi sesak nafas:

Kunyit

Obat sesak nafas alami paling ampuh pertama yang bisa Anda coba adalah kunyit. Curcumin dalam kunyit berperan sebagai antiinflamasi. Selain itu, curcumin juga bisa berfungsi sebagai antiseptik dan antikuman.

Baca Juga: Ampuh! Inilah 3 obat herbal untuk radang sendi

Curcumin dalam kunyit bisa Anda gunakan untuk menghindari alergi dan menghasilkan histamin. Produksi COX-2 prostglandins yang menyebabkan inflamasi juga bisa dihindari.

Pada penderita asma, curcumin berpotensi untuk mengurangi sesak nafas. Anda bisa mengonsumsi minuman kunyit dengan mencampurkan madu agar rasanya lebih lezat.

Bawang merah

Obat sesak nafas alami paling ampuh selanjutnya yang dapat Anda konsumsi adalah bawang merah. Bawang merah mengandung quercetine yang bisa digunakan untuk melawan alergi penyebab sesak nafas.

Bawang merah juga mengandung sulfur organik yang memberikan banyak manfaat pada sistem pernapasan. Aroma kuat saat bawang putih dipotong bisa membuat napas Anda menjadi lebih ringan.

Baca Juga: Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga, pakai bahan alami ini

Cara membuat obat sesak nafas alami paling ampuh dari bawang merah adalah dengan memarut setengah bawang merah kemudian campur dengan madu. Konsumsi campuran itu setiap hari.

Selain itu, tatanutrikorner.com merekomendasikan untuk meletakkan potongan bawang merah di dekat Anda saat tidur. Dengan begitu, Anda tidak mengalami sesak nafas.

Minyak kayu putih

Minyak kayu putih juga bisa menjadi obat sesak nafas alami paling ampuh. Minyak kayu putih mengandung cineole dan eucalyptol yang bisa membersihkan dan memberikan aroma yang menyegarkan.

Tak hanya itu, minyak kayu putih juga dilengkapi dengan kandungan antibakteri, antiviru, dan antijamur. Anda bisa mencampurkan 10 tetes minyak kayu putih pada air panas, kemudian hirup uapnya. Uap minyak kayu putih bisa mengurangi sesak nafas dan juga mengurangi rasa cemas.

 

Editor: Belladina Biananda


Terbaru