Tips Sehat

Ampuh! Inilah 3 obat herbal untuk radang sendi

Rabu, 29 Juli 2020 | 13:23 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Ampuh! Inilah 3 obat herbal untuk radang sendi

ILUSTRASI. Jahe adalah bahan alami untuk obat herbal radang sendi.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Radang sendi atau bisa disebut dengan arthritis adalah inflamasi yang terjadi pada sendi-sendi tubuh. Ada dua jenis radang sendi yang biasanya terjadi, yaitu Rheumatoid Arthritis (RA) dan Osteoarthritis (OA). Obat herbal radang sendi bisa dipakai untuk menyembuhkan jenis arthritis tersebut.

Obat herbal radang sendi memang bisa meringankan gejala radang sendi ringan. Namun, belum ada penelitian ilmiah yang bisa membuktikan manfaat dari tiap bahan yang dipakai. Maka dari itu, jika Anda ingin menggunakan obat herbal radang sendi, lebih baik konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Baca Juga: Ampuh! Inilah cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit

Lidah Buaya

Bersumber dari Healthline (healthline.com), lidah buaya adalah bahan alami yang bisa dipakai sebagai obat herbal radang sendi. Lidah buaya memiliki kandungan antiinflamasi dan tidak memiliki efek negatif dari nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs) yang biasanya dipakai untuk penyakit radang sendi.

Anda bisa menggunakan lidah buaya dalam bentuk gel langsung ke daerah sendiri yang terasa sakit. National Center for Complementary and Integrative Health (NCCIH) mengatakan bahwa lidah buaya aman untuk digunakan sebagai obat herbal radang sendi, tapi beberapa orang mungkin terkena efek samping. Lidah buaya dapat menurunkan glukosa dan berinteraksi dengan obat diabetes.

Kayu Putih

Kayu putih biasanya digunakan untuk berbagai macam penyakit, termasuk radang sendi, dalam bentuk minyak. Kandungan tannins dalam kayu putih bisa mengurangi pembengkakan dan rasa sakit akibat radang sendi.

Baca Juga: Meski sembuh, sistem imun pasien wabah Ebola tetap alami gangguan

Anda bisa mencampurkan 15 tetes minyak kayu putih dengan 2 sendok makan minyak netral lain, seperti minyak almon, sebagai obat herbal radang sendi. Gunakan campuran minyak tersebut sebagai aromaterapi.

Jahe

Obat herbal radang sendi lainnya yang disebutkan Healthline adalah jahe. Jahe bisa dijadikan alternatif NSAIDs karena adanya kandungan inflammatory. Tak hanya mengatasi gejala radang sendi, jahe juga bisa digunakan untuk mencegah kerusakan tulang.

Healthline memberikan beberapa rekomendasi cara menggunakan jahe sebagai obat herbal radang sendi. Pertama, Anda bisa mengonsumsinya sebagai teh. Kedua, Anda bisa mencampurkan bubuk jahe pada makanan atau kue yang Anda buat. Ketiga, Anda bisa menaburkan parutan jahe pada salad.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru