kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.357.000 -0,07%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Mengobati Asam Urat Di Usia Muda, Waspadai 4 Penyakit Akibat Asam Urat


Jumat, 18 Agustus 2023 / 15:14 WIB
Cara Mengobati Asam Urat Di Usia Muda, Waspadai 4 Penyakit Akibat Asam Urat
ILUSTRASI. Cara Mengobati Asam Urat Di Usia Muda, Waspadai 4 Penyakit Akibat Asam Urat


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Cara Mengobati Asam Urat Di Usia Muda- Jakarta. Simak cara mengobati asam urat di usia muda tanpa obat. Asam urat harus diobati karena bisa menyebabkan sejumlah penyakit berbahaya.

Mengenali cara mengobati asam usia di usia muda sangat penting. Pasalnya, banyak anak muda sudah mengalami asam urat tinggi.

Selain itu, cara mengobati asam urat di usia muda penting untuk mengatasi masalah kesehatan ini. Mengingat, asam urat yang dibiarkan bisa menimbulkan sejumlah masalah kesehatan.

Cara mengobati asam urat di muda ini bisa menjadi solusi alternatif jika kadar asam urat melebihi batas normal.

Asam urat adalah bahan kimia yang dibuat oleh tubuh ketika memecah zat purin. Zat ini biasanya diproduksi di dalam tubuh dan juga bisa didapatkan dalam beberapa jenis makanan maupun minuman. Contohnya hati, ikan teri, ikan makarel, kacang-kacangan dan bir.

Sebagian besar kandungan asam urat larut dalam darah dan mengalir ke ginjal dan dikeluarkan tubuh melalui urin.Namun adakalanya tubuh kita memproduksi asam urat berlebihan sehingga tubuh tidak bisa mengeluarkannya dengan optimal. Jadi, berapa batas asam urat normal untuk wanita?

Dikutip dari WebMD, asam urat diukur dengan satuan mg/dL, sebagai perbandingannya dengan kadar darah. Kadar normal asam urat wanita yakni di bawah angka 6 mg/dL. Sedangkan kadar normal asam urat pria yaitu 7 mg/dL.

Lebih dari angka tersebut, bisa dikatakan jika asam urat kita tergolong tinggi dan bisa memicu sejumlah masalah kesehatan.

Baca Juga: Bikin Asam Urat Naik, Ini Efek Samping Makan Tahu Berlebihan

Cara mengobati asam urat di usia muda tanpa obat

Asam urat di kaki bisa menyebabkan penderitanya mengeluhkan nyeri yang luar biasa. Jika tidak diobati, kaki penderita bisa bengkak hingga kesulitan berjalan. Mengatasi asam urat di kaki bisa dengan mengompres bagian sendi yang sakit, konsumsi obat pereda nyeri, hingga kortikosteroid.

Dilansir dari Kompas.com, ciri-ciri asam urat bisa dikenali dari kondisi kaki. Asam urat di kaki disebabkan karena penumpukan kristal asam urat yang berlebihan di persendian dan jaringan lunak pada bagian kaki.

Penumpukan kristal asam urat dipicu oleh beberapa faktor, mulai dari diet tinggi purin, obesitas, efek obat-obatan, hingga kondisi medis tertentu, seperti tekanan darah tinggi atau masalah ginjal.

Serangan asam urat di kaki dapat terjadi pada beberapa titik, mulai dari jempol, tumit, lutut, hingga paha. Dikutip dari Cleveland Clinic, berikut ciri-ciri asam urat di kaki:

  • Nyeri intens di jempol kaki, tumit, lutut, atau paha
  • Pembengkakan di area sendi yang terkena serangan gout
  • Kulit pada bagian yang sakit tampak kemerahan atau keunguan
  • Area jempol, tumit, lutuh, atau paha terasa lembut saat disentuh
  • Kaki terasa kaku dan sulit digerakkan sehingga membuat penderita asam urat di kaki tidak bisa berjalan

Gejala atau ciri-ciri asam urat di kaki biasanya mereda sendiri dalam beberapa hari. Namun, serangan gout juga berpotensi kambuh dan membuat seseorang merasa kesakitan.

Apabila Anda mengalami ciri-ciri asam urat di kaki seperti yang telah disebutkan di atas, segeralah mencari pertolongan medis.

Cara mengobati asam urat di kaki secara alami dan pakai obat

Disarikan dari Medical News Today dan Cleveland Clinic, berikut cara mengatasi asam urat di kaki secara alami atau tanpa obat dan menggunakan obat:

  • Mengompres bagian yang nyeri dengan es batu untuk meredakan sakit dan mengurangi peradangan.
  • Memposisikan kaki lebih tinggi dari dada, misalnya dengan menggunakan tumpukan bantal atau meletakkan kaki di dinding kamar.
  • Perbanyak cairan dengan konsumsi air putih, kaldu, atau teh herbal. Hal ini dilakukan untuk mengurangi pembengkakan pada penderita asam urat.
  • Minum air perasan lemon yang bisa membantu menetralkan asam urat dalam tubuh dan menurunkan kadarnya.
  • Konsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti ibuprofen untuk meredakan sakit akibat serangan asam urat di kaki.
  • Minum obat asam urat yang diresepkan dokter seperti colchine dan kortikosteroid. Obat tersebut untuk mencegah komplikasi asam urat, seperti kekambuhan, pembentukan tophi atau benjolan asam urat, mencegah batu ginjal.

Perlu diingat, sebelum mencoba obat-obatan untuk mengobati asam urat di kaki, penderita perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Penyakit akibat asam urat

Dalam jangka pendek, asam urat menimbulkan rasa nyeri yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Sementara itu, dalam jangka panjang asam urat bisa menimbulkan beragam penyakit.

Dilansir dari Kompas.com, berikut beragam penyakit berbahaya akibat asam urat:

1. Serangan gout

Penyakit berbahaya akibat asam urat yang pertama adalah serangan gout. Serangan gout adalah kondisi paling umum akibat dari timbunan asam urat. Serangan gout terjadi di area persendian, mulai dari jempol kaki, lutut, hingga pergelangan tangan.

Gejala serangan gout yang perlu diwaspadai antara lain:

  • Sendi terasa sakit atau nyeri
  • Pembengkakan pada sendi yang terkena serangan gout
  • Area kulit tampak kemerahan
  • Area persendian terasa hangat atau panas
  • Sendi terasa kaku dan sulit digerakkan

Serangan gout dapat terjadi dalam beberapa jam hingga berhari-hari. Rasa sakit dan gejala lain dapat muncul kembali atau kabuh apabila kadar asam urat masih tinggi atau tidak terkontrol.

Untuk meredakan rasa sakit akibat gout, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri atau mengompres area persendian. Namun, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

2. Batu ginjal

Penyakit berbahaya akibat asam urat yang kedua adalah batu ginjal. Asam urat yang menumpuk bisa menyebabkan timbulnya batu ginjal. Dilansir dari Healthline, batu ginjal atau nefrolitiasis adalah batu di dalam ginjal yang terjadi karena adanya pengendapan dari beberapa jenis senyawa, satu diantaranya adalah kristal asam urat.

Batu ginjal merupakan kondisi yang tak kasat mata, sehingga sering tidak kita ketahui sebelum periksa ke fasilitas pelayanan kesehatan. Akan tetapi, ada gejala umum batu ginjal yang dapat dirasakan antara lain:

Nyeri hebat di area punggung, perut bagian bawah, selangkangan, hingga bawah rusuk

  • Sakit saat buang air kecil
  • Terdapat darah di dalam urine
  • Urine berbau menyengat dan tampak keruh
  • Tubuh menggigil, demam

Batu ginjal dapat menyumbat ginjal dan mengganggu fungsi ginjal secara keseluruhan. Jika tidak segera diobati, batu ginjal dapat mengakibatkan gangguan ginjal akut.

3. Penyakit ginjal

Penyakit berbahaya akibat asam urat yang ketiga adalah penyakit ginjal. Dikutip dari Arthritis Foundation, seseorang dengan asam urat tinggi memiliki risiko terkena penyakit ginjal 78 persen lebih tinggi dibanding orang yang mampu mengontrol kadar uric acid-nya.

Ciri-ciri sakit ginjal akibat asam urat tinggi yaitu kelelahan kronis dan kurang berenergi. Jika dibiarkan, sakit ginjal juga menyebabkan gangguan kesehatan lain, seperti: Mual-mual, Kehilangan napsu makan, Pergelangan kaki membengkak

4. Tophi asam urat

Penyakit berbahaya akibat asam urat yang keempat adalah tophi asam urat. Tophi adalah benjolan yang ditemukan di bawah kulit, sekitar persendian, dan pada lekukan di bagian atas telinga.

Tophi asam urat terjadi karena hiperurisemia yang tidak tertangani. Tophi dapat membuat nyeri sendi semakin parah, merusak persendian, dan memberi tekanan pada saraf. Akibatnya, seseorang mungkin bisa kehilangan fungsi gerak.

Itulah cara menyembuhkan asam urat di usia muda. Jadi jangan biarkan asam urat semakin menumpuk agar penyakit berbahaya di atas tidak menyerang Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×