kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Mengatasi Asam Urat Tanpa Obat, Inilah Beberapa Akibat Asam Urat Tinggi


Selasa, 27 Juni 2023 / 05:00 WIB
Cara Mengatasi Asam Urat Tanpa Obat, Inilah Beberapa Akibat Asam Urat Tinggi


Sumber: Kementerian Kesehatan RI,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Mengatasi Asam Urat Tanpa Obat. Simak cara mengatasi asam urat tanpa obat? Kenali juga dampak asam urat tinggi bagi kesehatan.

Cara mengatasi asam urat tanpa obat penting diketahui untuk pengobatan alternatif. Cara mengatasi asam urat tanpa obat bisa mendukung pengobatan penyakit ini selain dari rekomendasi dokter. 

Serangan asam urat umumnya terjadi pada area sendi, seperti jempol kaki, pergelangan kaki, siku, hingga pergelangan tangan. Namun, rasa sakit di sekitar persendian belum tentu disebabkan karena asam urat.

Dirangkum dari website resmi Kementerian Kesehatan, efek asam urat tinggi bisa membahayakan kesehatan. Oleh karena itu, penderita harus segera menurunkan kadar asam urat kembali ke level normal.

Dampak asam urat tinggi diantaranya adalah tophi, kerusakan sendi, batu ginjal hingga diabetes. Tak hanya itu, akibat asam urat tinggi menyebabkan sumbatan di pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung koroner.

Baca Juga: Kabar Baik bagi Pasien Asam Urat, Ini 10 Pengobatan Rumahan untuk Redakan Nyeri Sendi

Cara mengatasi asam urat tanpa obat tinggi

Website Kemkes menyatakan, cara mengatasi asam urat tanpa obat tinggi dengan pemberian obat asam urat. Namun, pemberian obat asam urat ini akan disesuaikan dengan tingkat keparahan penyakitnya. Obat-

obatan yang diberikan berfungsi untuk meredakan nyeri sekaligus mencegah serangan asam urat di masa mendatang. Selain penggunaan obat-obatan, dokter juga akan merekomendasikan perubahan gaya hidup.

Hal ini bertujuan untuk membantu mengelola gejala asam urat sekaligus mengurangi risiko serangan asam urat di masa depan.

Selain dengan obat, cara mengatasi asam urat tanpa obat tinggi dapat dilakukan dengan perubahan gaya hidup sebagai berikut:

· Kurangi asupan alkohol.

· Menurunkan berat badan, jika kamu kelebihan berat badan.

· Berhenti merokok, jika kamu merupakan perokok.

Cara mencegah asam urat

Beberapa perubahan gaya hidup diyakini dapat membantu menurunkan risiko penyakit asam urat, yaitu:

· Minum banyak air untuk membantu ginjal berfungsi lebih baik dan menghindari dehidrasi.

· Berolahraga secara teratur untuk menjaga berat badan yang sehat. Sebab, berat badan ekstra meningkatkan asam urat dalam tubuh dan memberi lebih banyak tekanan pada persendian.

· Menghindari penggunaan obat-obatan tertentu. Misalnya seperti obat-obatan yang bersifat diuretik atau imunosupresan.

· Membatasi konsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan zat purin tinggi. Misalnya seperti daging merah, minuman beralkohol, hingga makanan dan minuman tinggi fruktosa.

· Konsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah yang memiliki antioksidan tinggi.

Dampak asam urat tinggi untuk kesehatan

Dilansir dari Kompas.com, seseorang yang memiliki asam urat tinggi perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui cara mengembalikan ke nilai normal dan mencegah timbulnya serangan gout.

Kadar asam urat sering kali memicu kekhawatiran sebagian orang, terutama para lansia. Kita lantas bertanya-tanya mengenai kondisi yang terjadi jika kadar asam urat tinggi.

Disarikan dari Medical News Today, penumpukan asam urat dalam darah bisa mengakibatkan pembentukan kristal di persendian. Kondisi ini lama kelamaan memicu peradangan dan serangan asam urat atau yang disebut dengan gout. Umumnya, seseorang yang terkena serangan gout akan mengeluhkan masalah persendian, terutama di area jempol kaki.

Berikut dampak asam urat tinggi untuk kesehatan:

  • Rasa sakit di area persendian.
  • Nyeri sendi ini berlangsung intens dalam 12-24 jam.
  • Sendi membengkak, terasa hangat dan lembut ketika disentuh
  • Kulit di sekitar persendian cenderung memerah
  • Sendi susah digerakkan

Serangan gout memiliki empat tahapan berdasarkan tingkat keparahannya, yaitu:

  • Asam urat asimtomatik: tahapan yang tidak menimbulkan gejala, dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup.
  • Gout akut: asam urat menumpuk di persendian dan membentuk kristal. Pada tahap ini, seseorang akan mengeluhkan gejala serangan gout.
  • Interkritikal gout: fase ketika seseorang tidak lagi mengalami masalah sendi yang menyakitkan. Namun, urid acid bisa saja masih menumpuk di aliran darah sehingga berisiko terjadi kekambuhan.
  • Pirai kronis bertofus: tahapan asam urat paling parah akibat penderita gout tidak berobat. Pada fase ini, pasien akan menemui pertumbuhan jaringan tak normal berupa benjolan.

Asam urat yang tinggi menyebabkan seseorang terkena serangan gout. Serangan gout yang terjadi akibat kelebihan asam urat perlu segera mendapat penanganan. Selain memicu nyeri hebat di area sendi, tingkat asam urat yang tinggi juga meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, serta dengan penyakit-penyakit metabolik lain seperti kolesterol dan obesitas.

Menghindari makanan tinggi purin dan olahraga dapat menjadi pilihan untuk mengembalikan nilai normal asam urat. Penderita juga perlu mengonsumsi obat-obatan untuk menurunkan asam urat sesuai rekomendasi dokter.

Itulah cara mengatasi asam urat tinggi tanpa obat dan dampak asam urat tinggi untuk kesehatna . Segera hubungi dokter jika merasakan gejala asam urat tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×